Tidak Ingin Bermasalah Dengan Bekas Jerawat? Lakukan Tiga Hal Berikut

bermasalah dengan bekas jerawatBekas jerawat yang meninggalkan lubang merupakan salah satu kerusakan kulit yang paling sulit untuk disembuhkan, biasanya dengan metode atau terapi mahal baru bisa teratasi. Oleh sebab itu cara paling aman untuk menghindari masalah tersebut adalah dengan melakukan langkah pencegahan supaya masalah itu tidak menimpa kita.

Apa saja langkah yang harus dilakukan agar terhindar dari masalah bekas jerawat? Berikut adalah tiga langkah mudah untuk agar tidak bermasalah dengan bekas jerawat di kemudian hari.

1. Mencegah jerawat

Cara pertama untuk menghindari masalah bekas jerawat yang cenderung lebih sulit dihilangkan tentu saja dengan menghindari jerawat itu sendiri. Meskipun gangguan jerawat hampir pasti pernah dialami oleh setiap orang, namun dengan langkah pencegahan yang baik dan benar maka jerawat yang diderita tidak terlalu parah sehingga meninggalkan bekas lubang.

Pencegahan bisa dilakukan dnegan berbagai cara seperti memberihkan kulit secara rutin, megnangkat sel kulit mati dan tumpukan minyak berlebih dari pori-pori, menggunakan pelembab, menghindari stres atau deprese dan banyak lagi yang lainnya.

Silahkan buka rubrik tentang jerawat yang ada di menu bagian atas, anda akan menemukan ratusan artikel tentang cara mencegah dan menanggulangi jerawat sedini mungkin.

2. Menggunakan tabir surya

Selain bisa digunakan untuk mencegah masalah pada kulit seperti penuaan dini, gangguan jerawat di masa depan dan kulit terbakar akibat matahari, tabir surya juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bekas jerawat. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sinar matahari dapat meningkatkan melanin pada kulit sehingga bekas jerawat akan lebih terlihat jelas.

Ini bisa dicegah dengan menggunakan krim tabir surya yang memiliki tingkat SPF 15 ke atas, beberapa produk pelembab juga kadang dilengkapi dengan SPF sehingga kita tidak perlu menggunakan dua jenis produk sekaligus.

3. Menggunakan resep tradisional

Resep tradisional yang pada umumnya menggunakan bahan alami sebagai media utamanya juga diketahui mampu mengurangi bekas jerawat dan jerawat itu sendiri. Banyak artikel yang menjelaskan tentang penggunaan bahan tradisional untuk menghilangkan masalah ini.

Salah satunya adalah dengan menggunakan kentang, cukup iris tipis-tipis satu buah kentang lalu gosokkan pada bekas jerawat, lakukan selama 15 menit lalu ulangi keesokan harinya.

Selain kentang, beberapa bahan alami lainnya juga bisa digunakan. Bahan yang dikenal mampu mengatasi bekas jerawat meliputi:

  • Cuka sari apel
  • Air mawar
  • Bubuk kayu cendana
  • Minyak zaitun
  • Minyak pohon teh
  • Vitamin E
  • Minyak Lavender

Secara garis besar, penggunaan bahan di atas sama dengan penggunaan irisan kentang yakni dengan cara menggosokkan atau mengoleskannya pada bagian jerawat atau bekasnya.

Proses ini membutuhkan waktu panjang dan dibutuhkan kesabaran, jadi jangan mengharapkan hasil instant karena semua harus dilakukan secara teratur dan butuh waktu lama untuk melihat hasilnya.

tags: