Tentang terapi laser dingin untuk jerawat

terapi laser dinginTerapi laser dingin jauh berbeda dengan tertapi laser pada umumnya, metode ini tidak memancarkan suhu panas yang mengakibatkan terbakarnya jaringan tertentu.

Penggunaan terapi ini bertujuan untuk pengobatan dan telah diakui secara medis dapat mengatasi berbagai macam penyakit dalam bahkan jerawat sekalipun. Teknik pengobatan ini bukannya baru muncul sekarang, namun telah ada dan digunakan sejak beberapa tahun lalu.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang terapi laser dingin dalam kaitannya terhadap penyembuhan jerawat dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Tipe dan jenisnya

Penggunaan terapi laser yang dikombinasikan dengan obat photosensitizing dinamakan juga dengan photodynamic, tipe ini lebih sering digunakan untuk mengobati penyakit kanker dan masalah degenerasi pada mata.

Namun pada sebagian kasus tertentu dokter juga biasa menggunakan terapi jenis ini untuk mengatasi jaringan sel yang rusak, meringankan migrain dan tekanan darah tinggi.

Untuk kaitannya dalam pengobatan jerawat, kami akan mengulas informasi lengkapnya di halaman selanjutnya lengkap dengan berbagai tips dan saran dari para ahli.

Metode atau cara penggunaan

Terapi Photodynamic dijalankan langsung dengan kombinasi obat photosensitizing yang disuntikkan pada pasien, setelah itu sinar laser dinyalakan dan diarahkan pada bagian tubuh yang mengalami masalah dan membutuhkan penanganan.

Waktu yang dibutuhkan saat melakukan proses ini bisa bervariasi antara hitungan menit sampai hitungan jam, semua tergantung dari tingkat kronis gangguan yang diderita oleh pasien.

Manfaat

Metode ini telah terbukti secara ilmiah dapat menghancurkan sel kanker dan tumur, selain itu para ahli juga menemukan bahwa bila terapi ini dilakukan oleh dokter berpengalaman maka dapat menanggulangi kebocoran pembuluh darah pada bagian mata.

Beberapa ahli juga menemukan fakta baru bahwa bila terapi ini dijalankan tanpa menggunakan bantuan obat photosensitizing maka dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan bekas luka.

Bekas luka bisa diakibatkan oleh apa saja seperti luka goresan benda tajam maupun jerawat yang meninggalkan bekas, selain berbagai manfaat di atas, teknik ini pun diduga kuat dapat mengatasi berbagai permasalahan pada tulang sendi.

Kekurangan

Setiap metode pasti memiliki kekurangan dan keterbatasan, begitu pula dengan terapi laser. Menurut American Cancer Society bahwa terapi ini hanya bisa sampai pada bagian bawah kulit sehingga tidak efektif bila digunakan untuk pengobatan kanker pada organ dalam seperti ginjal dan usus.

Selain itu tidak semua orang dapat menerima obat photosensitizing, ada beberapa orang yang alergi terhadapnya. Jika kondisi ini terjadi maka terapi tidak dapat berjalan maksimal.

Selain itu jika kadar yang diberikan berlebihan atau ada kesalahan teknis maka mungkin bisa berakibat pada kerusakan jaringan serius. Inilah yang harus diperhatikan oleh tenaga medis saat merawat pasiennya.

Kelengahan atau keteledoran saat melakukan metode ini bisa sangat berbahaya bagi pasien itu sendiri, oleh karenanya segala sesuatunya harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum mulai melakukan terapi ini.

tags: