Tentang sampo anti ketombe

sampo anti ketombeSama halnya dengan jerawat, ketombe juga merupakan masalah klasik yang hampir dialami oleh semua orang. Meskipun hanya sekali dalam hidupnya namun sebagian besar orang pernah berhadapan dengan masalah ini.

Saat bermasalah dengan ketombe, salah satu hal yang ada di benak kita adalah niat atau rencana untuk menggunakan sampo anti ketombe. Inilah yang pertama kali terbesit di pikiran.

Namun sampo manakah yang benar-benar cocok dan bagaimana sampo tersebut bekerja, tidak semua orang mengetahuinya. Untuk itulah kali ini kita akan mengulas tentang berbagai kandungan dalam sampo tersebut agar mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang sampo anti ketombe mulai dari kandungan dan cara kerja mereka.

1. Zinc Pyrithione

Senyawa ini sering digunakan sebagai media dalam pembuatan sampo untuk mengatasi masalah ketombe. Zinc Pyrithione sendiri berguna untuk membasmi jamur dan bakteri di kulit kepala.

Jadi jika persoalan ketombe yang kita hadapi diakibatkan karena adanya infeksi bakteri atau jamur, maka sampo yang paling tepat untuk digunakan adalah sampo yang mengandung zinc pyrithione.

2. Tar

Senyawa ini digunakan untuk memperlambat kematian pada jaringan kulit kepala, kita tahu bahwa ketombe sebenarnya masalah pengelupasan kulit kepala yang tidak wajar dan berlangsung secara terus-menerus.

Serpihan kulit ini semakin hari semakin banyak dan biasa dikenal dengan nama ketombe. Jika masalah yang kita hadapi tidak disebabkan oleh jamur atau kurap maka carilah produk anti ketombe yang menggunakan tar dalam pembuatannya.

3. Asam salisilat

Senyawa ini lebih dikenal sebagai zat yang ditujukan untuk mengeringkan dan mengatasi jerawat, namun sebenarnya asam salisilat juga digunakan dalam sampo anti ketombe yang berfungsi untuk mengangkat semua sel kulit mati.

Namun perlu diwaspadai saat mengunakannya, karena zat ini bisa menyebabkan kulit kepala mengalami kekeringan parah sehingga serpihan sel kulit mati atau ketombe justru bertambah parah.

4. Selenium sulfida

Sama dengan tar yang berguna untuk memperlambat kerusakan pada sel kulit, selenium sulfida merupakan salah satu alernatif bahan kimia yang sering digunakan pada sampo untuk menggantikan fungsi tar.

Namun selain dapat mengurangi ketombe, selenium sulfida juga berguna untuk menghitamkan rambut beruban.

5. Ketokonazol

Ini adalah pilihan terakhir kita jika semua jenis sampo yang mengandung bahan-bahan di atas tidak bekerja. Sampo yang mengandung ketokonazol bersifat sangat keras dan mampu melenyapkan semua jenis jamur, bakteri dan kuman-kuman dari kulit kepala.

Namun efeknya rambut akan mengalami kekeringan sehingga rentan terhadap gangguan lain seperti kusam, pecah-pecah dan bercabang. Namun efek samping ini hanya akan terjadi dalam beberapa hari saja dan akan kembali normal.

Ini termasuk sampo yang paling ampuh dalam membrantas masalah ketombe, silahkan cari sampo yang dalam kemasannya mengandung ketokonazole.

tags: ,