Tentang Rambut Bercabang dan Cara Mengatasinya

Tentang Rambut BercabangDinamakan rambut bercabang karena kerusakan ini mengakibatkan perpecahan di ujung rambut, kondisi ini biasanya ditemukan pada wanita berambut panjang dan bisa memicu penipisan rambut.

Seperti telah kita ketahui bahwa penipisan adalah tanda awal dari kebotakan permanen bagi kaum hawa, oleh sebab itu penyebab sekecil apapun hendaknya segera dicarikan solusinya.

Untuk mempelajari lebih dalam tentang gangguan ini, silahkan baca keterangan lengkap di bawah ini. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang rambut bercabang dan cara mengatasinya.

Penyebab

Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kondisi seperti ini, beberapa diantaranya bisa dilihat di bawah ini:

  • Terkena paparan sinar ultraviolet (matahari)
  • Kelembaban yang hilang sehingga menyebabkan rambut kering
  • Kerusakan akibat penggunaan bahan kimia berbahaya
  • Menggunakan sikat kasar pada rambut
  • Styling rambut

Hal-hal di atas menjadi penyebab yang paling banyak dilakukan oleh wanita, hal tersebut dilakukan karena ketidaktahuan mereka atau memang karena tidak terlalu serius dalam memperhatikan kesehatan rambutnya.

Pengobatan

Langkah unutk mengatasi masalah ini tentu saja harus dimulai dengan menghentikan seluruh kebiasaan yang selama ini bisa memicu terjadinya rambut bercabang, beberapa diantaranya sudah dijelaskan di atas.

Bersamaan dengan itu lakukan pula pengobatan yang menggunakan bahan alami, silahkan baca panduan lengkapnya di halaman berikut ini [Baca: Cara merawat rambut bercabang].

Wakyu yang dibutuhkan berkisar antara 1 sampai 4 minggu tergantung dari tingkat kerusakan yang dialami oleh tiap-tiap wanita. Jangan lupa pula untuk selalu memangkas ujung rambut paling tidak satu kali setiap empat atau delapan minggu.

Menggunakan kondisioner alami

Kita juga bisa membuat kondisioner alami yang berfungsi mencegah terjadinya kerusakan, langkah pembuatannya sangat mudah dan bahan yang digunakan bisa ditemukan dimanapun berada.

Pertama siapkan buah pepaya matang secukupnya, kupas buah tersebut dan hilangkan bijinya. Setelah bersih haluskan dengan penggiling atau dengan alat lain, hasilnya tuangkan ke dalam mangkuk.

Campurkan madu sebanyak satu sendok makan lalu aduk sampai rata, kini kita telah memiliki pasta atau krim yang bisa digunakan untuk rambut. Oleskan pasta buatan tadi ke seluruh helaian lalu diamkan selama 15 menit, bilas dnegan air dan keringkan.

Langkah di atas bukan saja bermanfaat untuk mengatasi rambut bercabang, namun juga dapat berfungsi untuk mencegahnya.

Selain menggunakan pepaya, kita juga bisa menggunakan minyak alpukat, oleskan beberapa tetes minyak alpukat pada helaian arambut dan diamkan selama 10 menit. Bilas sampai bersih dengan air dingin dan langsung keringkan.

Semua tips di atas membutuhkan waktu antara 4 sampai 8 minggu dan harus dijalankan minimal satu kali dalam tiap minggunya. Jika anda memiliki pengalaman tersendiri dalam mengatasi rambut bercabang, silahkan bagikan pada kami.

tags: