Tentang metode diet ornish

metode diet ornishMetode ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Dean Ornish, yaitu metode yang menitikberatkan pada pola makan rendah lemak dan dirancang khusus untuk mengatasi masalah pada gangguan jantung.

Metode ini ia terapkan pada pasien yang menderita penyakit jantung, ia menemukan bahwa pasien yang menjalankan metodenya selama setahun diketahui kehilangan berat badan sebanyak 25 kilogram.

Atas dasar inilah maka kemudian ia menulis sebuah buku berjudul Eat More, Weigh Less. Di buku tersebut ia mengungkapkan berbagai kemajuan pada pasiennya terkait masalah jantung dan penurunan signifikan pada berat badannya.

Di waktu inilah kemudian metodenya mulai dikenal banyak orang sebagai metode yang dipergunakan untuk mengatasi berbagai masalah obesitas atau kegemukan.

Berikut ini adalah informasi dasar tentang metode diet ornish yang kami kutip dari buku karangan beliau dan berbagai sumber tambahan yang dapat dipercaya.

Prinsip dasar

Metode ini lebih mirip dengan vegetarian karena hampir semua makanan hewani dilarang dalam program ini, kita bahkan dilarang mengkonsumsi putih telur dan produk susu.

Ornish memberlakukan aturan yang sangat ketat terhadap seluruh jenis makanan berlemak, untuk kalori sendiri didapat dari karbohidrat. Untuk penggunaan garam masih diperbolehkan meskipun dibatasi hanya pada bumbu makan saja, lain dari itu benar-benar tidak diperkenankan.

Sedangkan untuk kafein mutlak dilarang meskipun kafein itu berasal dari kopo atau minuman jenis lainnya. Prinsip dasar lainnya adalah kita tidak boleh mengkonsumsi makanan olahan.

Makanan yang dperkenankan

Mungkin semua teknik diet yang ada di dunia ini sepakat bahwa makanan yang paling dianjurkan adalah buah-buahan dan sayur-mayur segar, selain itu kacang-kacangan serta biji-bijian seperti gandum dan beras merah.

Pada dasarnya semua makanan yang diperbolehkan adalah semua bentuk sayur dan buah, atau makanan rendah lemak dan kalori. Teori yang mudah dipahami namun sangat sulit dijalani mengingat di zaman seperti sekarang ini susah mendapatkan makanan di toko yang rendah lemak kecuali hanya labelnya saja.

Pada kesempatan mendatang kita akan membahas lebih detail lagi tentang daftar makanan yang dilarang dan jenis apa saja yang diperbolehkan.

Anjuran

Selain membatasi jenis makanan yang masuk ke dalam perut kita, ornish juga mengharuskan para pesertanya untuk mau berolahraga 30 menit setiap harinya selam metode ini berlangsung.

Pilihan kedua adalah dengan berolahraga minimal tiga jam dalam seminggu, kita bebas memilih cara mana yang akan kita ambil. Sedangkan jenis olahraga yang dilakukan dikembalikan ke individu masing-masing.

Meskipun begitu ada beberapa macam olahraga yang harus dilakukan untuk mencegah dan menurunkan resiko terhadap stress, yoga, aerobik dan yoga termasuk di dalamnya.

Kesimpulan

Meskipun ornis terbukti dapat menurunkan berat badan dan mengembalikan kesehatan jantung, namun karena pola makan dan gaya hidup yang berat untuk diikuti membuat kebanyakan peserta hanya mampu bertahan selama satu tahun saja.

tags: