Tentang metode diet makrobiotik

metode diet makrobiotikPada kesempatan kali ini klita akan mengulas tentang salah satu metode diet populer di negara eropa dan jepang. Metode ini memang tidak terlalu dikenal di negara kita karena tidak terlalu banyak orang meminatinya.

Seperti metode lainnya yang mengklaim bahwa program mereka lebih unggul dibanding tehnik lainnya, makrobiotik juga memproklamirkan diri sebagai salah satu metode paling efektif dalam menurunkan berat badan.

Selain dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat, diet makrobiotik juga mengklaim bahwa pola makan yang diatur di dalamnya membuat pelaku metode ini dapat hidup lebih sehat.

Meskipun demikian kita tahu bahwa tidak ada satu metodepun di dunia ini yang tidak memiliki kelemahan, hanya waktu yang akan membuktikan mana yang paling banyak diantara semua metode yang berkembang pesat akhir-akhir ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang metode diet makrobiotik seperti dilansir dari berbagai sumber yang memahami metode ini.

Konsep dasar

Metode ini menganut keseimbangan pola makan yin dan yank, sebuah tradisi atau kepercayaan yang berkembang di beberapa negar Asia. Makanan bersifat Yin harus dihindari seperti kopi, buah-buahan tropis, soda, makanan olahan dan lain sebagainya.

Sedangkan makanan bersifat Yang juga harus dihindari, beberapa contohnya meliputi daging, telur dan produk susu. Konsep mudahnya adalah pelaku hanya diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan Yin dan Yang ringan.

Makanan yang diperbolehkan

Biji-bijian dianggap sebagai makanan ber-Yin dan Yang ringan, oleh karenanya biji-bijian dianggap sebagai makanan atau menu utama dalam program diet ini.

Makanan ini nantinya akan selalu kita konsumsi setiap harinya, oleh sebab itu kita harus mengerti dan mengetahui betul makanan apa saja yang masuk ke dalam kategori kacang-kacangan.

Selain kacang-kacangan, ikan juga termasuk salah satu makanan laut yang diperkenankan untuk dikonsumsi para penggunanya.

Banyak orang yang mengikuti metode ini menjadikannya sebagai gaya hidup, bukan hanya untuk menurunkan berat badan.

Data dan fakta

Banyak orang meyakini bahwa makrobiotik dapat mengobati penyakit kanker, namun hal ini dibatah oleh American Cancer Society dan menyatakan bahwa klaim ini tidak didukung oleh penelitian ilmiah dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Meskipun demikian makrobiotik termasuk salah satu program yang menganut tinggi serat dan rendah gula, pola ini terbukti baik untuk kesehatan tubuh.

Peringatan

Tidak semua orang dapat mengikuti program ini, oleh sebab itu tanyakan pada dokter atau ahli gizi terdekat sebelum memutuskan untuk menjalankan makrobiotik.

Informasi di atas diharapkan dapat memberikan pembaca wawasan baru, memang tidak terlalu lengkap karena seluruh informasi akan diterbitkan di halaman lain.

Untuk mengetahui semua info yang berhubungan dengan metode ini, silahkan ikuti update blog ini esok hari.

tags: