Tentang metode diet jenny craig

metode diet jenny craigMetode ini mulai dikembangkan dan dipopulerkan oleh Sidney dan Jenny Craig pada tahun 1983, metode ini memang dirancang secara khusus untuk mengatasi masalah kegemukan.

Meskipun hasil pada tiap orang berbeda-beda, namun jenny craig adalah salah satu metode yang ikut meramaikan program diet yang sebelumnya telah lebih dulu ada.

Banyak peserta yang mengaku berat badannya turun beberapa kilo setelah menjalankan metode ini, beberapa diantaranya adalah seleb Hollywood seperti Valerie Bertinelli dan Kristie Alley.

Namun tidak sedikit juga yang menyerah dan berhenti ditengah jalan karena dianggap terlalu sulit untuk diikuti dan tingkat kesulitannya nyaris tidak ada bedanya dengan diet zone.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang metode diet jenny craig seperti dilansir dari beberapa buku panduan dan jurnal online.

Prinsip dasar

Sama halnya dengat teknik zone yang membagi makanan menjadi tiga kelompok dan setiap bagian memiliki rasio dan porsinya tersendiri, jenny craig menganut sistem yang sama namun hanya berbeda di rasio yang ditetapkan.

Untuk kalori yang boleh dikonsumsi setiap harinya adalah 20%, sedangkan karbohidrat harian berkisar diangka 60% dan untuk konsumsi lemak berada di level 20%.

Jika diperhatikan lebih seksama maka akan terlihat jelas bahwa metode ini lebih menitikberatkan pada pembatasan asupan kalori yang masuk. Oleh sebab itu kita masih diperkenankan untuk makan tiga kali sehari dengan ditambah satu makanan ringan atau cemilan peharinya.

Buah-buahan, yogurt, sayuran dan produk susu rendah lemak juga diizinkan untuk dikonsumsi setiap hari untuk memberikan variasi pada menu makan.

Kelebihan dan kekurangan

Kita akan mengawalinya dengan beberapa kelebihan metode ini, pertama yang harus kita tahu bahwa teknik ini berbeda jauh dibanding metode lainnya. Di program ini kita tidak perlu pusing memikirkan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan mana yang dilarang.

Selain itu tidak perlu repot-repot menghitung rasio kalori, lemak dan karbohidrat dalam makanan yang akan kita konsumsi. Hal ini karena semunya telah disiapkan dalam satu paket oleh ahli gizi berpengalaman.

Jadi kita hanya harus membeli paket makanan tersebut dan menyimpannya di lemari pendingin untuk persediaan 1 bulan mendatang. Setelah persediaan habis kita bisa langsung membelinya kembali.

Kekurangannya sudah jelas terletak pada harga, total uang yang harus dikeluarkan untuk setiap bulannya berkisar antara 3 sampai 5 juta. Ini tentu bukan jumlah yang sedikit bagi sebagian orang.

Inilah salah satu alasan kenapa banyak remaja dan wanita yang lebih memilih metode lain karena dianggap tidak cukup bersahabat dengan isi dompetnya.

Namun bagi anda yang memiliki anggaran cukup, maka tidak ada salahnya mencoba metode ini selama tiga bulan dan lihat bagaimana hasil dan perkembangannya.

Tambahan

Seperti halnya metode lain, dalam jenny craig juga menganjurkan pesertanya untuk tetap melakukan latihan atau olahraga setiap hari terutama di pagi hari. Jika aktifitas ini dilakukan maka hasil yang didapat bisa lebih cepat.

tags: