Tentang metode diet hay

metode diet hayMetode ini pertama kali dikenalkan oleh Dr. William Howard, seorang dokter yang pernah mengalami sakit berat sehingga kondisi kesehatannya jauh di bawah standar.

Untuk memulihkan kondisinya, dokter ini beruji coba dengan beberapa jenis makanan sekaligus menatanya sedemikian rupa. Hasil percobaannya tersebut membuahkan hasil dan kondisinya semakin membaik dari hari ke hari.

Periode ini ia tulis dalam sebuah buku berjudul ‘Health Via Food’ yang diterbitkan pada tahun 1921. Seiring perkembangan zaman metode yang dipopulerkan oleh dokter hay ini berkembang menjadi sebuah metode untuk menurunkan berat badan.

Metode ini didasarkan pada kombinasi makanan dan alkalinitas, semua bahan makanan yang menyehatkan diadopsi dalam program ini. Perlu digaris bawahi bahwa tidak semua metode cocok djalankan oleh setiap orang.

Oleh sebab itu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau ahli gizi di tempat masing-masing agar tahu apakah metode ini cocok dijalankan oleh anda.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang metode diet hay seperti dikutip dari beberapa sumber resmi.

Penggabungan makanan

Salah satu aturan dasar dalam metode ini adalah tidak diperkenankannya seseorang dalam mengkonsumsi karbohidrat dan protein secara bersamaan. Teori ini didukung oleh beberapa program diet lainnya seperti apa yang sudah dinyatakan dalam buku berjudul Fit for Life.

Walau demikian tidak semua ahli menyetujui teori ini, salah satunya adalah John Briffa. Ahli gizi ini menyatakan sanggahannya dalam sebuah artikel pada tahun 2009.

Dalam artikel tersebut dinyatakan bahwa enzim yang digunakan oleh sistem pencernaan untuk mencerna karbohidrat dan protein tidaklah sama, meski demikian ia percaya bahwa pemisahan kedua jenis makanan ini mungkin baik bagi pencernaan.

Namun jika ditujukan untuk menurunkan berat badan belum ada penelitian yang membuktikan teori tersebut, hal ini dinyatakan dalam International Journal of Obesity pada tahun 2000 bulan April.

Makanan yang dianjurkan

Makanan yang paling dianjurkan dama diet hay adalah buah dan sur-sayuran, keduanya bisa dikonsumsi setiap hari dan setiap kali makan. Sedangkan untuk daging sendiri hanya dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak dua kali seminggu.

Daftar menu yang ada dalam buku Health Via Food meliputi sup bawang, jus jeruk, roti panggang, salad, produk susu dan buah ara.Untuk mentega, sirup da madu harus dibatasi jumlahnya.

Untuk daging kita tidak diperbolehkan mengkonsumsinya bersamaan dengan roti panggang atau makanan bertepung lainnya.

Makanan yang dilarang

Maksud dari point ini adalah makanan yang dilarang untuk dikonsumsi dan juga makanan yang dianjurkan untuk dikurangi porsinya. Hal ini meliputi kopi dan krim.

Sedangkan makanan yang harus dibatasi porsinya meliputi roti, lemak dan gula. Meskipun terdengar sederhana namun sebenarnya aturan ini cukup rumit.

Oleh karenanya kami berencana menjelaskannya dalam kesempatan mendatang, silahkan tunggu update selanjutnya.

tags: