Tentang Kulit Sensitif dan Bagaimana Cara Merawatnya

Tentang Kulit SensitifAlergi terhadap suatu produk kecantikan baik itu makeup, kosmetik atau lainnya tidak membuktikan bahwa anda memiliki kulit sensitif. Kulit sensitif baru bisa terlihat ketika alergi atau iritasi muncul setelah menggunakan produk yang pada umumnya tidak menimbulkan efek samping ketika digunakan oleh jenis kulit lainnya.

Banyak hal yang memicu terjadinya peningkatan pada sensitifitas kulit, genetik dan faktor lingkungan sering dianggap sebagai dua pemicu utama kenapa seseorang mengalami hal ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan lengkap tentang kulit sensitif dan bagaimana cara kita merawatnya.

Apa yang dimaksud dengan kulit sensitif?

American Academy of Dermatology menyatakan bahwa kulit sensitif adalah jenis kulit yang memiliki tingkat sensitifitas lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Karena itu jenis ini mudah terkena iritasi dan alergi ketika terpapar oleh suatu zat tertentu yang terdapat pada sebuah produk kecantikan atau produk perawatan kulit.

Peningkatan sensitifitas ini bisa terjadi karena faktor genetik, bila ini yang menjadi penyebabnya maka tidak banyak hal yang bisa dilakukan kecuali dengan merawatnya sebaik mungkin.

Selain faktor genetik, ada pula faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang dapat meningkatkan sensitifitas kulit diantaranya adalah sinar matahari, suhu terlalu panas atau dingin dan juga angin sehingga ujung saraf yang terdapat pada kulit tidak lagi terlindungi.

Inilah yang menyebabkan kenapa kulit sensitif mudah terkena iritasi ketika terjadi kontak antara permukaan kulit dengan beberapa jenis produk kecantikan tertentu.

Menghindari iritasi

Untuk menghindari iritasi diperlukan kehati-hatian dalam memilih produk perawatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk perawatan yang terdiri dari alpukat, minyak kelapa, asam benaoic, asam laktat, asam glikolat, asam azaelic dan vitamin C dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Selain itu produk pembersih yang mengandung pewangi, formalin, bahan pengawet, pewarna buatan dan minyak esensial juga sebaiknya dihindari karena pada beberapa kasus sering ditemukan adanya reaksi alergi ketika menggunakan produk pembersih tersebut.

Bagaimana cara kita merawat kulit sensitif?

Bila pada jenis kulit lain dibutuhkan perawatan yang cenderung menggunakan berbagai macam produk, maka untuk kulit sensitif justru dianjurkan untuk tidak menggunakan banyak produk dalam merawatnya.

Penggunaan pembersih wajah juga hanya dianjurkan untuk dilakukan sekali saja dalam sehari, berbeda dengan jenis lainnya yang bisa dilakukan hingga dua kali sehari.

Saat memilih produk kecantikan atau makeup, kita disarankan untuk menggunakan batasan berikut ini:

  • Pilihlah bedak yang tidak atau hanya sedikit mengandung bahan pengawet
  • Untuk foundation, disarankan agar lebih memilih produk yang berbasis silikon
  • Hindari penggunaan eyeshadows yang mengandung minyak bumi
  • Bila ingin menggunakan eyeliner, maka pilihlah yang berbentuk pensil

Selain itu hindari pula produk yang mengandung bahan-bahan tertentu, silahkan baca keterangan lengkapnya di sini [Baca: Empat senyawa berbahaya bagi kulit sensitif].

Penggunaan tabir surya

Para ahli tetap menyarankan untuk menggunakan tabir surya apapun jenis kulitnya, sedangkan untuk jenis kulit yang lebih sensitif, Debra Jaliman , MD dalam bukunya yang berjudul Skin Rules menyatakan bahwa tabir surya hendaknya memiliki tingkat SPF minimal 15. Selain itu hindari tabir surya yang mengandung bahan kimia dan pilihlah yang menggunakan bahan organik.

Makanan

Makanan sangat berpengaruh bagi tubuh dan kulit tentunya, untuk mengurangi reaksi alergi dan iritasi pada beberapa produk, para ahli menyarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang megnandung vitamin B seperti ikan salmon, biji bunga matahari, biji-bijian, makarel, produk susu rendah lemak, ikan tuna dan lain sebagainya.

Selain dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tersebut, kita juga dianjurkan untuk menghindari beberapa jenis makanan seperti yang telah dijelaskan di halaman berikut [Baca: Lima jenis makanan yang harus dihindari oleh kulit sensitif].

tags: