Tentang ketombe di wajah

ketombe di wajahMungkin banyak yang belum mengetahui bahwa gangguan ketombe tidak hanya terjadi pada kulit kepala namun juga pada kulit wajah. Perbedaan mendasar hanyalah jika ketombe pada kulit kepala lebih disebabkan oleh kulit kepala kering, namun pada wajah justru sebaliknya yakni kulit yang terlalu berminyak.

Untuk mengetahui penjelasan detail mengenai gangguan ini silahkan baca pemaparan para ahli dan beberapa hasil penelitian pendukungnya. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai ketombe di wajah seperti dilansir dari pakar kecantikan ternama.

Penyebab

Hingga kini penyebab munculnya ketombe di kulit wajah belum diketahui secara pasti, namun beberapa ahli memperkirakan ada kaitan dengan pertumbuhan jamur Malassezia.

Selain itu faktor cuaca, kadar minyak dan stres pada kulit ditengarai menjadi salah satu pemicu gangguan tersebut, meskipun sekali lagi penyebab pastinya belum diketahui secara pasti hingga kini.

Tempat biasanya ditemukan

Ketombe pada permukaan kulit wajah biasanya ditemukan pada area alis, hidung, belakang telinga dan mungkin pada bagian lainnya seperti leher dan tangan.

Pengobatan dengan cara dioleskan

Pertama harus kita ketahui terlebih dahulu bahwa hingga sekarang ini belum ditemukan obat untuk menghilangkan ketombe secara permanen, setidaknya hingga saat ini. Kita hanya bisa mengendalikannya sekaligus melakukan berbagai langkah pencegahan untuk mengurangi gangguan tersebut.

Jika ketombe yang menyerang kulit kepala kita bisa menggunakan sampo yang mengandung ketokonazole, asam salisilat, selenium sulfidan dan bahan kimia lainnya, maka pada wajah kita bisa menggunakan krim nonprescription.

Terkadang dokter juga merekomendasikan kita untuk menggunakan krim anti jamur atau kortikosteroid, keduanya bisa dicoba namun tentunya harus dengan resep dokter.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas diharapkan gangguan tersebut bisa kita kendalikan dan masalah ketombe di wajah dapat secepat mungkin dikurangi.

Pengobatan dengan cara diminum

Selain pengobatan yang dilakukan dengan cara mengoleskan krim atau produk tertentu, dokter juga kadang memberikan pimecrolimus atau tacrolimus pada pasiennya.

Kedua obat tersebut adalah dua contoh obat untuk mengendalikan ketombe di wajah yang penggunaannya dengan cara diminum. Langkah ini biasanya dilakukan bila kondisi sudah sangat parah.

Perawatan di rumah

Selain menggunakan obat atau produk yang didapat dari dokter, kita juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk digunakan sebagai media dalam mengobati ketombe tersebut.

Putih telur adalah salah satu contohnya, dengan menggunakan masker putih telur maka seluruh sel kulit mati dan semua kotoran yang berada di permukaan kulit dapat diangkat oleh daya rekat putih telur yang begitu kuat.

Selain itu Mayo Clinic juga menerangkan bahwa mencukur kumis dan jambang adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh para pria untuk mengatasi ketombe tersebut.

Cara terakhir tentunya dengan membersihkan wajah secara teratur menggunakan pembersih wajah ringan, ini adalah langkah utama yang tidak boleh dilupakan.

tags: