Tentang Ketombe dan Apa yang Harus Kita Ketahui

tentang ketombeKetombe adalah masalah yang sudah dialami manusia sejak zaman prasejarah dulu, kondisi ini sebenarnya hal yang lumrah terjadi pada seluruh manusia. Dalam rentang waktu tertentu kulit akan mengelupas dan digantikan dengan sel kulit baru yang lebih sehat, hal ini terjadi pada seluruh manusia dan tidak ada yang salah dengan itu.

Permasalahannya adalah ketika pengelupasan kulit tidak terkontrol dan cenderung cepat, kulit yang mengelupas ini membentuk seripihan-serpihan kecil yang biasa kita namakan dengan ketombe.

Pengelupasan kulit dalam jumlah besar dan cenderung cepat bukanlah hal wajar, kondisi ini terjadi karena berbagai akibat dan faktor. Terkait apa penyebab ketombe, para ahli belum dapat memastikan, namun dari berbagai pendapat mereka yang berhasil kami kumpulkan, ada beberapa hal yang patut di waspadai. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan perhatikan beberapa catatan penting di bawah ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang ketombe dan apa saja yang harus kita ketahui mengenai persoalan yang satu ini.

Penyebab

Seperti dijelaskan di atas bahwa para ahli belum dapat menentukan secara pasti apa pemicu masalah ini, namun mereka menduga ada hubungan kuat antara ketombe dengan beberapa hal berikut ini.

Kulit berminyak

Dugaan pertama adalah kulit berminyak, sebabnya adalah fakta yang dapat ditemukan di lapangan. Orang yang cenderung memiliki tingkat produksi minyak berlebih lebih berpotensi dan sering berhadapan dengan ketombe.

Kulit kering

Terlalu kering juga tidak baik dan dianggap sebagai salah satu pemicu masalah ini, banyak study yang melibatkan sejumlah orang dengan kulit kering, hasilnya mereka lebih sering bermasalah dengan ketombe.

Kebersihan

Faktor kebersihan juga menjadi masalah tersendiri, kebersihan yang tidak terjaga memang menjadi penyebab dari segala jenis penyakit. Begitu pula dengan ketombe, seseorang yang tidak dapat menjaga kebersihan kulit kepalanya akan lebih sering terkena ketombe.

Komplikasi penyakit

Sejumlah penyakit tertentu juga dapat mengakibatkan masalah ketombe, penyakit yang dimaksud meliputi eksim, parkinson, psoriasis dan lain-lainnya.

Pengobatan

Pengobatan paling ampuh adalah dengan mengontrol pengelup0asan kulit, untuk itu perlu ditemukan apa penyebabnya dan lakukan semua usaha untuk menghentikannya.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini seperti:

  • penggunaan sampo secara teratur
  • memijat kulit kepala dengan minyak esensial
  • memperbaiki pola makan

Penggunaan sampo secara teratur dimaksudkan agar kebersihan kulit kepala tetap terjaga, selain itu sampo yang tepat juga dapat menyingkirkan bakteri dan kuman.

Sampo yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah sampo yang mengandung ketoconazole, asam salisilat, zinc ataupun selenium sulfida.

Sedangkan pemijatan kulit kepala dengan minyak esensial seperti minyak zaitun bertujuan untuk menjaga kelembaban kulit kepala, dan pola makan yang baik ditujukan agar kulit kepala mendapat asupan nutrisi dan vitamin dalam jumlah tepat.

tags: