Tentang fototerapi untuk menghilangkan jerawat

fototerapi untuk menghilangkan jerawatFototerapi dianggap oleh banyak orang dan sebagian ahli memiliki tingkat efektifitas jauh lebih tinggi dibanding dengan pengobatan jerawat yang dilakukan menggunakan krim antijerawat dan metode lainnya.

Untuk itulah metode ini semakin hari semakin banyak dijadikan sebagai metode utama dalam kaitannya dengan pengobatan jerawat, meskipun biayanya relatif lebih mahal bila dibanding dengan pengobatan biasa, namun hal tersebut tidak menjadikan alasan bagi peminatnya untuk mengurungkan niat mereka.

Sebenranya apa itu fototerapi dan bagaimana cara kerjanya sehingga dianggap sebagai metode penghilang jerawat paling efektif? Untuk mengetahui informasi selengkapnya kami persilahkan untuk membaca seluruh tulisan ini sampai selesai.

Berikut ini ada penjelasan detail tentang fototerapi untuk menghilangkan jerawat seperti dinyatakan oleh beberapa ahli.

Apa itu fototerapi?

Metode yang juga dikenal dengan nama terapi laser dan terapi cahaya ini sebenarnya nama lain dari metode terapi laser yang sebelumnya pernah kami jelaskan beberapa hari lalu, silahkan baca di halaman ini untuk mengetahui info lengkapnya.

Metode ini pada awalnya digunakan untuk menghilangkan rambut atau bulu halus yang tidak diinginkan, kemudian seiring berjalannya waktu dan berbagai percobaan di sana-sini maka akhirnya metode ini diuji cobakan pada jerawat.

Karena hasilnya memuaskan maka para ahli menjadikan terapi laser sebagai salah satu metode pengobatan untuk jerawat. Bukan hanya gangguan kulit tersebut, teknik ini pun sering dipakai untuk mengatasi gangguan eksim, hiperpigmentasi dan lain sebagainya.

Tipe-tipenya

Fototerapi memiliki sekurangnya tiga jenis yaitu terapi yang menggunakan sinar ultraviolet, inframerah dan terkahir sinar X. Sedangkan yang paling dianggap lebih manjur untuk menghilangkan segala kuman dan bakteri penyebab jerawat adalah terapi yang menggunakan sinar biru berintensitas tinggi.

Selain dianggap lebih ampuh jika dibanding dengan jenis sinar lainnya, sinar biru dianggap lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti tipe lainnya.

Tujuan

Terapi ini sebenarnya hanya memiliki dua tujuan awal yakni untuk membasmi bakteri dan mengurangi produksi minyak berlebih. Keduanya adalah penyebab utama masalah jerawat sehingga dengan menghilangkan kedua pemicu tersebut diharapkan gangguan dapat segera diatasi dalam waktu singkat.

Lama pengobatan

Hal ini tentu sangat berkaitan erat dengan kronis atau tidaknya gangguan yang sedang dihadapi oleh pasien, untuk gangguan yang bersifat sedang maka lama pengobatan yang dibutuhkan biasanya memakan waktu hingga dua minggu.

Sedangkan untuk masalah yang lebih parah biasanya membutuhkan waktu hingga 12 minggu, lama tiap sesinya bervariasi antara 20 hingga 40 menit.

Hasil

Sma halnya dengan waktu pengobatan yang dibutuhkan, hasil yang didapat oleh setiap orang pasti berbeda-beda namun pada umumnya hasil sudah mulai dapat dirasakan setelah 3 sampai 4 kali terapi.

Efek samping

Efek samping yang paling sering ditemukan pada pasien diantaranya seperti kulit kering, gatal-gatal, bersisik dan alergi. Efek samping ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi antibiotik.

tags: ,