Tentang diet mediterania

diet mediteraniaDiet mediterranean atau mediterania merupakan salah satu metode yang berkembang luas di tengah masyarakat mediterania, teknik ini didasarkan pada kebiasaan yang dijalankan oleh masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut.

Slah satu metode yang menitikberatkan pada pola makan tinggi nutrisi dan pelarangan makanan olahan tinggi lemak dan kalori. Selain pengaturan pada pola makan, ada juga aktifitas fisik yang harus dikerjakan.

Aktifitas ini dinamakan juga dengan olahraga atau latihan yang perlu dilakukan setiap hari oleh para pesertanya. Dengan kombinasi pola makan dan olahraga secara teratur maka penurunan berat badan dapat dirasakan secara nyata.

Berikut ini adalah penjelasan dasar tentang diet mediterania seperti dikutip dari beberapa sumber ahli dan website resmi mereka.

Prinsip dasar

Tidak berbeda jauh dengan metode lain yang sebelumnya kita bahas, mediterania memiliki prinsip dasar yang tidak boleh dilanggar oleh para pesertanya.

Prinsip tersebut meliputi pola makan yang harus mengikuti setiap aturan berlaku seperti membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun.

Untuk sumber protein yang dibutuhkan tubuh, mediterania menyarankan untuk mengkonsumsi daging ayam, telur dan produk susu. Semua bentuk sumber protein dengan kandungan rendah lemak boleh di konsumsi

Cukup sederhana namun sedikit sulit karena kebiasaan makan kita umumnya justru berlawanan dengan pola atau aturan makan yang berlaku dalam mediterania.

Namun bila semua aturan tersebut diikuti dengan benar maka berat badan atau obesitas yang kita alami dapat dengan mduah diatasi dengan baik dan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Manfaat-manfaatnya

Bukan hanya dapat mengendalikan kegemukan namun juga dapat mengatasi penyakit kronis seperti jantung dan tekanan darah tinggi. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan yang diatur dalam program ini yang memaksa para pesertanya untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat namun rendah kalori, kolesterol dan lemak.

Diet seperti inilah yang paling dianjurkan oleh ahli kesehatan pada para pasien mereka untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Pertimbangan

Program ini memungkinkan kita untuk mengoknsumsi lemak tak jenuh dalam jumlah banyak. Salah satu jenis lemak yang baik dan sehat untuk dikonsumsi.

Namun tentu saja hal tersebut harus tetap mengikuti aturan berlaku sehingga tidak menimbulkan bahaya atau efek samping yang mungkin dialami oleh pesertanya.

Pada kesempatan mendatang kita akan membahas tentang aturan dan tips menurunkan berat badan dengan mengikuti metode ini, silahkan tunggu update kami selanjutnya.

Semua akan dibahas secara detail dan lengkap seperti biasanya dan dikupas dengan bahasa sesederhana mungkin agar mudah dipahami oleh semua lapisan masyarakat.

Untuk pertanyaan silahkan kirimkan langsung lewat email atau komentar di bagian paling bawah halaman ini.

tags: