Tentang Diet Inuit

diet inuitInuit adalah sekelompok masyarakat yang hidup di bagian kutub utara dan mengkonsumsi makanan yang ada di daerah sekitar mereka tanpa memasukkan makanan lain yang berasal dari luar daerah.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa diet inuit merupakan metode yang mengikuti pola makan sekumpulan orang tersebut dengan tujuan untuk mengurangi berat badan dan menurunnya fungsi otak.

Apa saja yang perlu diketahui terkait metode diet ini? Berikut kami jelaskan secara mendalam tentang metode diet inuit seperti dilansir dari berbagai sumber.

Makanan pokok Inuit

Makanan mereka terbilang sangat sederhana, hal ini dipengaruhi oleh struktur tanah dan cuaca yang ada di sekitarnya sehingga beberapa jenis makanan tinggi karbohidrat tidak dapat tumbuh di sana.

Oleh sebab itu makanan pokok mereka hanya terdiri dari dua jenis yakni lemak dan protein. Karena hanya sedikit makanan berkarbohidrat yang bisa tumbuh di sana maka konsumsi terhadap makanan berkarbohidrat tinggi juga menurun. Karbohidrat memang sering dikaitkan dengan beberapa jenis gangguan seperti diabetes dan obesitas.

Jadi jangan heran jika sekumpulan orang ini jarang bermasalah dengan gangguan berat badan dan penyakit gula darah.

Sumber protein dan lemak

Protein dan lemak cenderung didapat dari daging yang mereka buru dan ikan yang berhasil mereka tangkap, daging tersebut hanya memiliki beberapa persen lemak saja sehingga cukup tinggi protein.

Sedangkan ikan bukan hanya memiliki kandungan protein namun juga omega 3 asam lemak yang baik untuk menjaga fungsi otak dan menghindarkannya dari masalah degeneratif seperti kehilangan atau menurunnya kekuatan ingatan pada seseorang.

Bisa dikatakan inuit merupakan metode diet yang menganut tinggi protein, namun perlu diperhatikan bahwa terlalu tinggi protein juga dapat menyebabkan masalah pada organ hati dan ginjal sehingga asupan hariannya harus benar-benar diperhatikan.

Mineral dan vitamin

Inuti tidak hanya memakan daging dari hewan liar yang berhasil mereka buru, namun juga memakan organ lain seperti otak dan sumsum tulang belakang. Telah diketahui bahwa otak dan sumsum tulang belakang merupakan sumber vitamin A, zat besi dan sedikit vitamin B.

Adapun meineral penting lainnya seperti kalsium, asam folat, magnesium dan lain sebagainya didapat dari sayuran laut yang mereka konsumsi setiap hari.

Manfaat

Karena pola makan mereka jauh dari makanan olahan, makanan berpengawet dan berpewarna buatan maka manfaat yang didapat sangat baik untuk kesehatan, dengan catatan tidak terlalu berlebihan saat melakukannya.

Beberapa contoh jenis penyakit yang jarang ditemukan pada sekumpulan orang-orang tersebut adalah diabetes, kanker, jantung, darah tinggi, obesitas dan masalah degeneratif atau fungsi otak.

Bisakah pola makan tersebut kita ikuti? Bisa, namun menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Environmental Health Perspectives pada maret tahun 2000 menyebut bahwa makanan organik yang ada di sekitar kita telah terkontaminasi oleh zat berbahaya seperti peptisidan dan obat lainnya, sehingga hasilnya tidak akan sebagus apa yang ada di bagian kutub utara.

tags: