Tentang diet detox

Tentang diet detoxAwal mula dimunculkannya metode ini adalah karena kebutuhan manusia untuk mengeluarkan berbagai jenis racun dari dalam tubuhnya. Racun tersebut mungkin berasal dari makanan, minuman dan lingkungan sekitar.

Atas dasar kekhawatiran itulah maka program diet ini banyak dilakukan orang akhir-akhir ini. Para ahli masih berselisih pendapat mengenai metode ini, namun kebanyakan dari mereka tidak menyarankan pada masyarakat untuk menerapkan teknik detox karena kurangnya bukti ilmiah dan penelitian tentangnya.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai program diet ini, berikut kami jelaskan beberapa hal penting terkait detox sebelum memutuskan apakah akan menjalankan program ini atau tidak.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang diet detox seperti dirangkum dari beberapa sumber ahli dan jurnal kesehatan.

Prinsip dasar

Pada dasarnya metode ini mengharuskan pesertanya untuk memakan jenis makanan rendah kalori dan cenderung berbentuk cair. Bahkan tidak jarang pula diwajibkan puasa beberapa hari.

Tujuan utamanya sudah jelas yakni menyerap semua racun dari dalam tubuh dan mendorongnya keluar memalui saluran pembuangan atau kelenjar keringat. Untuk dapat mengeluarkan segala jenis racun tersebut maka tubuh terutama sistem pencernaan harus berfungsi 100% tanpa ada sedikit pun gangguan pada organ tersebut.

Inilah salah satu alasan dibalik anjuran untuk mengkonsumsi makanan yang cenderung berbentuk cair dan lunak, jika makanan tersebut lunak maka sistem pencernaan tidak harus bekerja keras mencernanya.

Untuk mengetahui makanan apa saja yang boleh dalam metode ini, kami akan menguraikannya sedetail mungkin di halaman berikutnya.

Manfaat

Seperti nama dan tujuannya, metode ini merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Racun tersebut berpotensi menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Jadi tujuan utama metode ini adalah agar kita tidak mudah terserang penyakit, membersihkan racun dan keseimbangan tubuh. Namun menurut Roger Clemens, seorang asisten profesor di USC School of Pharmacy menyatakan bahwa metode ini sama sekali tidak memberikan manfaat apa-apa.

Bahaya

Karena program ini melarang pelakunya untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan maka malnutrisi sangat mungkin terjadi apalagi bila dilakukan dalam kurun waktu lama.

Malnutrisi yang terjadi pada manusia diketahui dapat mengakibatkan berbagai gangguan fisik dan mental seperti mual-mual, muntah-muntah, diare, kelelahan, masalah gula darah, detak jantung tidak teratur, kehilangan massa otot, penurunan berat badan secara drastis, gangguan pada organ ginjal dan masih banyak lagi lainnya.

Efek samping tersebut jelas tidak bisa diremehkan begitu saja karena kerusakan yang terjadi pada organ dalam akan lebih sulit diatasi dan biaya yang dikeluarkan pun cenderung lebih mahal.

Terlepas dari segala pro dan kontra dalam diet detox, masih banyak orang yang menjalankan metode ini dan menunjukkan hasil yang mereka dapatkan.

tags: