Tentang Alopecia – Apa dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Tentang AlopeciaTidak banyak wanita yang mengetahui tentang kelainan yang satu ini, alopecia diketahui para ahli merupakan salah satu gangguan kerusakan rambut yang paling sering dialami oleh wanita.

Bila kerusakan tidak segera ditangani dengan benar maka efek kerusakan dapat berdampak lebih besar dan sulit untuk disembuhkan. Untuk mengetahui lebih dalam tentang alopecia, silahkan baca informasi penting di bawah ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang alopecia mulai dari definisi, gejala dan cara mengatasinya.

Definisi

Alopecia adalah kondisi dimana perempuan mengalami kerontokan rambut parah pada bagian tertentu, kerontokan ini akan terus berlangsung dalam waktu lama dan dapat menyebabkan kebotakan permanen. Alopecia memiliki banyak jenis dan semunya lebih sering ditemukan pada wanita.

Jenis

Ada tiga jenis alopecia yang telah diketahui para ahli, efek yang ditimbulkannya sama yakni menyebabkan kebotakan permanen bila tidak segera diatasi. Berikut beberapa jenis alopecia yang perlu kita ketahui:

  1. Alopecia areata: Suatu kondisi dimana terjadi kerontokan serius di satu titik tertentu, biasanya kerusakan akan terfokus di satu bagian saja dan tidak megnarah ke bagian lain
  2. Alopecia totalis: Ini adalah tahap selanjutnya dimana kebotakan telah benar-benar terjadi. Biasanya diakibatkan karena penanganan alopecia areata yang salah atau memang tidak mendapat penanganan sama sekali
  3. Alopecia universalis: Ketika kerusakan dan kerontokan tidak hanya terjadi di satu bagian saja dan cenderung megnarah ke seluruh kulit kepala maka jenis ini dinamakan dengan alopecia universalis

Penyebab

Ada tiga hal utama yang dianggap para ilmuan sebagai pemicu utama gangguan ini. Faktor usia, ketidakstabilan hormon dan genetik dianggap sebagai penyebab yang paling sering melatarbelakangi munculnya gangguan ini.

Ketika perubahan hormon atau ketidakstabilan hormon sedang berlangsung maka kekuatan rambut akan mulai menyusut dan mudah rontok.

Gangguan ini biasanya muncul pada wanita berusia 30 tahun dan seterusnya, semakin lanjut usia seorang wanita maka semakin rentan pula terhadap alopecia.

Pengobatan

Dokter biasanya akan memberika Celestone secara berkala pada wanita dengan cara menyuntikkannya. Metode ini akan berlangsung selama empat sampai delapan minggu.

Jika metode diatas tidak bekerja maka cara lain yang mungkin dilakukan dokter adalah dengan photo chemotherapy. Langkah ini membutuhkan waktu cukup lama, yakni sekitar 40 sampai 80 kali pengobatan.

Informasi singkat di atas sudah cukup memberikan kita gambaran tentang ganasnya gangguan ini, oleh sebab itu lakukan langkah pencegahan sedini mungkin agar tidak bermasalah dengan alopecia.

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah dengan mengatasi stres dan depresi secepat mungkin, dugaan kuat sementara ini adalah stres menjadi salah satu penyebab hadirnya alopecia pada wanita.

Stres bisa datang ketika terjadi perubahan hormon, inilah sebenarnya yang patut diwaspadai para wanita karena perubahan hormon biasa terjadi setiap bulannya.

tags: