Teh hijau untuk menghilangkan jerawat

Teh hijau untuk menghilangkan jerawatPada artikel sebelumnya kita telah mengulas berbagai metode dan cara alternatif menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan tradisional seperti tomat, jahe, bawang putih dan lain sebagainya.

Kali ini kami akan sedikit menjelaskan tentang manfaat teh hijau dan hubungannya dengan pengobatan jerawat. Kita ketahui bersama bahwa teh hijau memiliki banyak antioksidan dan berbagai keistimewaan lainnya.

Namun benar atau tidaknya teh hijau dapat mengobati jerawat baru bisa kita ketahui setelah banyak ahli memberikan pernyataannya di bawah ini. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai metode dan cara menggunakan teh hijau untuk menghilangkan jerawat.

Penelitian tentang jerawat dan teh hijau

Dalam sebuah jurnal di Universitas Miami edisi 2009 April dinyatakan bahwa dari seluruh peserta yang mengoleskan krim teh hijau dua kali sehari pada jerawatnya, dalam enam minggu gangguan jerawat tersebut berkurang sebanyak 58 persen.

Selain penelitian di atas, study yang lebih dulu dilakukan oleh American Academy of Dermatology di tahun 2003 menunjukkan bahwa 3% larutan teh hijau setara dengan 4% benzoil peroksida.

Kita tahu bahwa benzoil peroksida merupakan senyawa kimia yang dianggap paling ampuh dalam menghilangkan gangguan jerawat, senyawa ini bisa kita temukan di hampir semua produk anti-jerawat.

Dari kedua penelitian di atas bisa kita ketahui bahwa manfaat teh hijau dalam mengobati jerawat memang bukan isapan jempol belaka, namun ini telah terbukti secara ilmiah dengan didukung oleh hasil penelitian di seluruh negeri.

Bersifat sebagai antibakteri

Hampir semua jenis jerawat diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri dan kuman, teh hijau adalah salah satu tanaman yang memiliki khasiat dalam menghilangkan bakteri. Berbagai kandungan dalam daun teh hijau mampu menyingkirkan bakteri dari permukaan kulit.

Sifat ini adalah salah satu sifat benzoil peroksida, oleh karenanya tidak mengherankan bila krim benzoil peroksida banyak dianjurkan para ahli sebagai solusi untuk mengatasi gangguan kulit yang lebih diakibatkan oleh bakteri.

Meskipun memiliki sifat sama, teh hijau tetap lebih diunggulkan karena efek samping yang ada dalam benzoil peroksida tidak ditemukan ketika menggunakan teh hijau.

Anti peradangan

Selain meninggalkan luka dan warna pada kulit, jerawat juga tidak jarang mengakibatkan iritasi dan peradangan pada pasiennya. Masalah ini tentu bisa diatasi dengan daun teh hijau karena tanaman ini memiliki sifat anti peradangan.

Antioksidan tinggi

Meskipun antioksidan dalam teh hijau tidak berada dalam posisi tertinggi, namun apa yang dikandungnya sekarang sudah lebih dari cukup untuk menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas dan berbagai permasalahan kulit lainnya.

Cara penggunaan

Menurut para ahli kita bisa menggunakan tanaman ini sebagai bahan minuman atau langsung dioleskan pada gangguan kulit tersebut, namun kebanyakan orang memasukkannya ke dalam kantong lalu merendamnya dalam air panas dan mendinginkannya.

Setelah dingin baru kemudian mereka meletakkan kantung teh hijau pada bagian kulit yang sedang bermasalah. Cara ini memang lebih populer dibanding langkah penggunaan lainnya.

tags: , ,