Tanda penipisan rambut pada wanita

Tanda penipisan rambutKemarin kita telah mengulas bersama tentang langkah apa yang sebaiknya kita lakukan untuk mengtasi penipisan yang terjadi pada rambut kita [Baca: cara mengatasi penipisan rambut].

Kali ini kita akan mundur sedikit ke belakang untuk mengenal apa saja tanda yang biasa ditemukan saat penipisan tersebut sedang berlangsung.

Sebenarnya tidak terlalu sulit mengenali tanda dan gejala tersebut, namun kaerna kita kurang waspada hingga akhirnya beberapa gejala yang sering kita dapatkan terlewat begitu saja tanpa disadari.

Berikut ini adalah tanda penipisan rambut yang biasa terjadi pada wanita, segera lakukan langkah pengobatan agar masalah tersebut tidak berkembang menjadi kerontokan serius.

1. Terjadi kerontokan berpola

Kerontokan berpola pada wanita tidak jauh berbeda dengan apa yang biasa terjadi pada kaum laki-laki, hal ini biasanya ditunjukkan dengan kerontokan yang terjadi pada bagian depan, samping dan atas kepala.

Kerontokan tersebut berlangsung antara 2 sampai 4 bulan ke depan, jika masalah ini tidak segera diatasi maka akan berubah menjadi kebotakan permanen.

Oleh karena itu, jika kita menemukan tanda seperti yang telah disebutkan tadi, segeralah menanyakannya pada dokter atau ahli kesehatan rambut agar dapat ditangani dengan cepat.

2. Peradangan pada folikel

Tanda kedua dari penipisan rambut adalah terjadinya peradangan parah pada folikel, peradangan ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada kulit kepala.

Selain itu disertai pula dengan rasa gatal dan sakit, hal ini diakibatkan karena adanya jaringan kulit kepala yang mengalami kerusakan. Jika ini tidak segera mendapat penanganan yang tepat maka filokel akan mengalami kerusakan permanen sehingga rambut tidak dapat tumbuh kembali.

3. Tekanan pada folikel

Tekanan yang terjadi biasanya disebabkan karena tatanan rambut yang dibuat sedemikian rupa, beberapa contoh umum yang paling sering kita lihat seperti rambut dikuncir, dikepang atau diikat dengan ikatan yang kuat.

Tatanan rambut seperti ini sangat tidak dianjurkan oleh para ahli, apalagi jikia dilakukan secara terus menerus dan dalam rentang waktu sangat lama.

4. Rasa gatal disertai dengan kerontokan kecil

Kerontokan yang terjadi memang tidak terlalu parah, namun jika hal itu disertai dengan rasa gatal dan nyeri maka mungkin ini merupakan salah satu tanda sedang berlangsungnya penipisan rambut.

Tanda ini biasanya disebabkan karena stress berkepanjangan, kekurangan gizi atau diet ketat yang sering dilakukan kebanyakan orang.

Jika salah satu ciri di atas kita temukan jangan cepat panik, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat diagnosa yang tepat agar kita mengetahui apa sebenarnya yang sedang terjadi.

Dengan mengetahui gangguan sedini mungkin maka kita masih memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk dapat mengatasi dan menyembuhkan gangguan tersebut.

Jangan lupa untuk memperbaiki pola makan kita agar semua kebutuhan gizi dapat dipenuhi dengan baik.

tags: ,