Sumber protein diet detox

Sumber protein diet detoxMeskipun metode ini tidak memproklamirkan diri sebagai diet tinggi protein, namun dari berbagai aturan yang diberlakukan tampak jelas bahwa detox termasuk dalam kategori diet tinggi protein.

Tujuan awaql dari metode ini sebenarnya hanya untuk membersihkan diri dari berbagai jenis racun yang mungkin masuk melalui makanan yang dikonsumsi, namun pada akhirnya metode ini sering pula dipergunakan untuk mengatasi masalah berat badan.

Hal ini tidak mengherankan, karena bila tubuh bebas dari racun maka sistem metabolisme tubuh akan meningkat sehingga proses pembakaran lemak dapat lebih dimaksimalkan.

Protein adalah nutrisi penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja karena dapat mempengaruhi kekuatan otot, oleh karenanya detox mengharuskan pesertanya untuk memperhatikan salah satu nutrisi ini.

Kita tahu bahwa sumber protein terbaik berasal dari daging atau hewan ternak, namun detox justru lebih menganjurkan pesertanya untuk menghindari makanan ini.

Lalu dari mana kita bisa memperoleh protein dengan kualitas tinggi bila detox justru melarang konsumsi daging? Masih ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi dan bisa digunakan untuk mengganti posisi daging.

Berikut adalah beberapa sumber protein diet detox seperti dilansir dari beberapa sumber dan pakar gizi.

1. Protein nabati

Secara garis besar sumber protein dibagi menjadi dua bagian yakni protein hewani dan protein nabati, karena metode ini membatasi konsumsi daging maka sumber protein yang bisa kita gunakan berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Kacang polong dan kacang kering merupakan contoh tanaman yang memiliki kandungan protein tinggi. Kedua jenis makanan ini sering pula ditemukan dalam berbagai paket makanan diet detox yang sering dijual di berbagai supermarket.

Hindari mengkonsumsi kacang polong atau kacang kering kemasan karena biasanya produk tersebut telah dicampuri garam dan produk pemanis.

2. Biji-bijian

Kita juga bisa mendapatkan protein dari biji-bijian seperti gandum, beras merah dan bayam. Semua makanan tersebut dikenal sebagai sumber protein meskipun kandungan proteinnya tidak begitu tinggi.

Pastikan anda mencampurkan makanan di atas dengan kacang polong atau kacang kering agar kandungan proteinnya saling melengkapi dan memenuhi kebutuhan tubuh.

3. Kacang-kacangan

Jenis paling baik dari kelompok ini adalah kacang kenari dan kacang almond. Keduanya merupakan sumber protein dan lemak sehat sehingga baik untuk tubuh tanpa harus takut dengan lemak di dalamnya.

Selain itu, biji bunga matahari, labu, wijen dan biji rami termasuk ke dalam makanan kaya protein. Pastikan untuk mengkonsumsinya setiap hari tanpa disertai dengan bahan pengawet atau terlalu banyak garam.

Ketiga jenis makanan di atas merupakan sumber utama protein dalam metode diet ini, jadi meskipun kita tidak dapat mengkonsumsi daging namun protein tetap bisa kita dapatkan dari sumber lainnya.

tags: