Solusi untuk rambut kering

Solusi untuk rambut keringRambut kering adalah gangguan akibat kelembaban yang jauh di bawah standar sehingga akan terlihat kusam, pecah, kasar dan cenderung bercabang.

Untuk mengatasinya sangatlah mudah, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cukup lakukan beberapa hal penting di bawah ini secara teratur dan berkelanjutan.

Berikut adalah beberapa solusi untuk rambut kering yang bisa kita pilih untuk mengatasi masalah tersebut secara tuntas.

1. Gunakan gaya rambut pendek

Untuk memudahkan kita dalam melakukan perawatan maka hal terbaik yang harus kita lakukan pertama kali adalah dengan memangkas atau memendekan rambut.

2. Perlakukan dengan lembut

Terlebih jika rambut kita sedang dalam kedaan basah karena mudah rusak dan rontok, kerusakan ini dapat membuatnya semakin kering dan lebih sulit untuk diatasi.

3. Hindari sisir bergerigi sempit

Penggunaan sisir seperti ini dapat mengakibatkan tertariknya rambut sehingga membuat kekuatan folikel semakin berkurang dari waktu ke waktu, ini adlaah salah satu langkah untuk mencegah terjadinya penipisan.

4. Kurangi mencuci rambut dengan sampo

Untuk rambut kering tidak disarankan untuk menggunakan sampo setiap hari, lakukan setidaknya 3 kali sehari untuk menghindari susutnya kadar kelembaban akibat senyawa yang ada dalam sampo.

5. Pemilihan sampo tepat

Rambut kering menunjukkan adalanya sejumlah protein dan humektan yang rusak, oleh sebab itu pastikan sampo yang digunakan mengandung protein dan humektan dalam jumlah tinggi.

6. Gunakan kondisioner

Kondisioner yang digunakan adalah jenis produk yang mampu melembabkan, bukan hanya untuk memudahkan kita dalam penataannya. Produk kondisioner seperti ini mudah didapat dan hargnya tidak berbeda jauh dengan kondisioner lainnya.

7. Hindari hairdryer

Untuk sementara waktu, hindari penggunaan hairdryer, suhu panas yang dikeluarkan oleh alat pengering tersebut dapat memperparah kondisi, sebagai gantinya kita bisa menggunakan udara yang dihasilkan oleh kipas angin.

8. Hindari penggunaan gel

Mungkin kita biasa menggunakan gel untuk memudahkan kita dalam membentuk rambut sesuai dengan model atau gaya yang kita inginkan. Penggunaan produk ini boleh-boleh saja dilakukan, namun bila rambut kita kering maka hal terbaik adalah dengan menghentikannya terlebih dahulu sampai keadaan kembali normal.

9. Oleskan minyak kelapa

Kita bukan hanya mengoleskan minyak ini, namun intinya adalah melakukan pemijatan dengan menggunakan minyak kelapa. Meskipun terdengar ringan namun manfaat dan khasiatnya sudah dibutkikan oleh banyak ahli.

10. Tambahkan pelembab

Bukan hanya kulit saja yang membutuhkan krim pelembab, namun rambut juga sama apalagi jika bagian tersebut mengalami kekeringan parah. Pelembab yang diperuntukkan bagi rambut biasanya berbentuk cair dan telah banyak dijual di toko kecantikan.

11. Kunjungi dokter terkait

Bila semua langkah di atas tidak juga dapat mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi, maka segera kunjungi dokter terkait untuk mendapatkan informasi dan diagnosa selanjutnya.

Hal ini dilakukan karena bukan tidak mungkin persoalan tersebut merupakan bagian tanda atau gejala dari suatu penyakit yang sedang menyerang diri kita.

tags: