Solusi untuk jerawat parah

Solusi untuk jerawat parahBagaimana cara kita mengetahui jerawat sudah dalam tingkat mana? Ukuran apa yang kita gunakan untuk menentukan parah atau belum?

Menurut American Academy of Dermatology, jerawat baru dikategorikan parah ketika ganguan tersebut menyebabkan luka mendalam pada kulit dan terjadi peradangan serta kerusakan pada jaringan kulit.

Bila gangguan ini tidak segera diobati maka kemungkinan besar akan meninggalkan bekas yang tidak bisa dianggap enteng, bekas tersebut biasanya meninggalkan cekungan atau dalam bahasa keseharian kita dinamakan bopeng.

Kondisi ini terjadi karena kerusakan akibat jerawat sudah sangat parah, satu lagi yang perlu diperhatikan bahwa jika luka yang ditinggalkan tersebut menyebabkan bopeng maka pengobatan yang bisa dilakukan akan lebih sulit dan berbiaya mahal.

Oleh sebab itu sebelum semuanya terlambat, silahkan ikuti beberapa tips di bawah ini untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk tersebut.

Berikut ini adalah beberapa solusi untuk jerawat parah yang meliputi beberapa teknik pengobatan, langkah pencegahan serta hal penting lainnya.

1. Menggunakan Isotretinoin

Ini merupakan obat-obatan yang harus diminum, termasuk ke dalam retinoid yang berasal dari vitamin A. Menurut American Academy of Dermatology atau AAD bahwa obat ini sangat efektif untuk mengatasi jerawat dalam kondisi parah.

Penggunaan bisa dilakukan sebanyak satu atau dua kali sehari selama 16 sampai 20 minggu. Metode ini sangat efektif dan terbukti ampuh dalam menanggulangi gangguan kulit yang sudah terlanjur parah.

Seperti halnya pada obat umumnya, Isotretinoin memiliki beberapa efek samping seperti kulit dan mata kering, penipisan rambut, sakit kepala dan sakit perut.

2. Antibiotik

Selain menggunakan hal di atas, kita juga bisa mengkonsumsi antibiotik. Antibiotik bekerja dengan cara mengurangi perkembangan bakteri dan kuman penyebab gangguan kulit satu ini.

Dimulai dengan dosis tinggi lalu lambat laun menurun sesuai dengan tingkat keparahan yang mulai menyusut. Meskipun efektif, kita tetap harus memperhatikan efek samping apa yang mungkin akan ditimbulkan oleh antibiotik.

Secara khusus kami telah mengulas berbagai macam efek samping antibiotik di halaman berikut [Baca: Efek samping antibiotik jerawat].

3. Metode fisik

Jika dua cara di atas lebih terfokus pada metode obat yang harus diminum, maka kali ini merupakan alternatif lainnya yaitu pengobatan yang dilakukan dari luar.

Metode ini bisa menggunakan obat anti jerawat yang mengandung benzoil peroksida atau bahkan perawatan yang dilakukan melalui proses pembedahan.

Meskipun harganya tergolong mahal, namun dilihat dari hasilnya maka itu layak untuk dipertimbangkan. Kedua teknik inipun memiliki efek samping yang harus benar-benar diperhatikan.

4. Mengontrol hormon

Ini adalah cara yang gampang-gampang susah, karena kita tahu bahwa perubahan pada hormon jarang diketahui gejalanya. Langkah mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi serta melakukan olahraga secara teratur.

Langkah terakhir lebih ditekankan pada usaha kita dalam menurunkan resiko stres yang dapat memicu hal buruk lainnya.

tags: