Solusi Alami Untuk Mengatasi Ketombe

Solusi Alami Untuk Mengatasi KetombeKetombe merupakan masalah umum yang paling sering dihadapi oleh manusia dan hewan, gangguan ini kadang disertai dengan rasa gatal. Gangguan ketombe yang parah bisa menyebabkan kerontokan dan rambut terlihat lebih kotor sehingga mengganggu penampilan seseorang.

Banyak cara yang bisa ditempuh, salah satunya adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe. Namun bila anda menginginkan cara alternatif yang lebih alami, silahkan baca beberapa tips alami berikut ini.

Berikut adalah tiga solusi alami untuk mengatasi ketombe seperti dilansir oleh beberapa sumber ternama.

Madu

Madu memiliki dua sifat penting yakni antimikroba dan kemapuannya dalam melembabkan kulit kepala, oleh sebab itu banyak produsen yang menggunakan madu dalam pembuatan produk perawatan rambut, kulit dan produk kecantikan lainnya.

Dalam sebuah jurnal berjudul European Journal of Medical Research yang diterbitkan pada tahun 2004 menyebut bahwa penggunaan madu untuk mengolesi kulit kepala dapat meringankan masalah pengelupasan kulit.

Perlu diketahui bahwa ketombe adalah kulit mati yang terkelupas namun jumlah dan intensitasnya cenderung tidak normal sehingga dapat mengganggu kenyamanan seseorang.

Oleh sebab itu para ahli berpendapat bahwa masalah ketombe sebenarnya bisa dikurangi dengan menggunakan madu. Oleskan pada kulit kepala secara merata lalu diamkan selama 30 menti dan bilas dengan sampo ringan.

Cuka sari apel

Cuka memiliki manfaat yang hampir sama dnegan madu yakni mampu mengikat kelembaban pada kulit kepala. Bila digunakan dengan benar maka cuka sari apel termasuk media alami yang dapat membantu seseorang dalam mengatasi ketombe mereka.

Penggunaannya tidak jauh berbeda dengan penggunaan madu yakni cukup oleskan cuka sari apel pada kulit kepala dan diamkan selama 15 sampai 30 menit lalu bilas sampai bersih.

Agar hasilnya lebih efektif dan maksimal, disarankan untuk mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam satu gelas kecil air hangat, aduk sampai rata baru kemudian dioleskan pada kulit kepala.

Penggunaan teratur yakni satu kali sehari sangat efektif dalam mengendalikan gangguan ketombe, cobalah hari ini dan anda akan melihat hasilnya secara langsung.

Minyak rosemary

Rosemary adalah salah satu jenis minyak esensial yang memiliki sifat antibakteri, selain itu minyak ini juga dikenal sebagai obat alami untuk menghilangkan gangguan ketombe.

Untuk cara penggunaannya sedikit berbeda, pertama basuh rambut dengan sampo ringan seperti biasa lalu tunggu sampai kulit kepala dan helaian rambut mengering secara alami.

Setelah kering, tuangkan beberapa tetes minyak rosemary ke telapak tangan dan lakukan pemijatan pada kulit kepala dengan minyak tersebut. Proses ini dilakukan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Cra ini banyak direkomendasikan oleh pakar rambut, karena selain dapat mengurangi masalah ketombe, pemijatan dengan minyak esensial ini juga dapat menigkatkan peredaran darah pada kulit kepala.

tags: