Sepuluh Bahan Kimia Dalam Produk Kecantikan – Bagian 2

Bahan Kimia Dalam Produk KecantikanPada kesempatan sebelumnya, kami telah mengulas tentang lima bahan kimia yang paling sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. Artikel ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang bisa anda baca di sini [Baca: Senyawa kimia dalam produk perawatan kulit bagian pertama].

Karena sebagai selanjutan dari tulisan kami sebelumnya, maka kita akan memulainya dari urutan nomor 6. Berikut adalah beberapa bahan kimia dalam produk kecantikan yang perlu anda ketahui.

6. Alpha hydroxy dan beta hydroxy

Kedua jenis asam alami ini banyak ditemukan dalam krim penghalus, pengencang, penghilang tanda penuaan dan lain sebagainya. Asam ini berfungsi untuk memecah lapisan sel kulit mati sekaligus menghilangkannya sehingga ada tempat untuk lapisan kulit baru yang lebih sehat dan kencang.

Ketika seseorang mengoleskan krim yang mengandung keduanya, maka alpha hydroxy akan memicu produksi kolagen dan menjaga kelembaban permukaan kulit.

Sedangkan beta hydroxy akan masuk ke dalam lapisan kulit dan mengangkat lapisan kulit mati sekaligus membersihkan pori-pori. Oleh sebab itu beta hidroxy lebih berperan dalam hal mencegah jerawat dan mengecilkan ukuran pori-pori.

Perlu diketahui bahwa dalam beberapa produk, senyawa ini ditulis dengan AHA dan BHA.

7. Hydroquinone

Merupakan senyawa yang paling sering didapai dalam produk yang dirancang secara khusus untuk mencegah munculnya bintik merah atau hitam, menghilangkan bercak merah serta krim penghilang bekas jerawat.

Para ahli berpendapat bahwa hydroquinone merupakan salah satu jenis senyawa yang paling efektif dalam mengatasi bekas luka dan flek hitam atau bintik yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Cara kerja senyawa ini sangat sederhana yakni dengan mencegah produksi melanin sehingga bintik hitam atau flek hitam akibat sinar ultraviolet dapat dukurangi.

Oleh sebab itu banyak produsen memasukkan Hydroquinone ke dalam produk pemutih kulit mereka.

8. L-askorbat

Penjelasan paling mudah untuk bahan ini adalah bubuk yang mengandung vitamin C. Ketika diterapkan pada kulit maka seketika itu juga asam L-askorbat memacu produksi kolagen. Tujuannya agar keriput atau garis halus pada wajah dapat dikurangi atau dihilangkan.

9. Hyaluronic

Adalah asam alami yang berguna untuk meningkatkan proses regenerasi kulit, menjaga kelembaban, meningkatkan kekencangan kulit dan melumasi jaringan sel.

Penggunaan produk yang mengandung hyaluronic dapat membuat kulit lebih halus, kencang, lembut dan terhindar dari tanda penuaan.

10. Coenzyme Q10

Adalah senyawa yang dapat larut dalam lemak dan memiliki fungsi sebagai antioksidan. Fungsinya adalah untuk melindungi sel kulit dari bahaya kerusakan akibat paparan sinar matahari atau pencemaran lingkungan.

Senyawa ini biasa ditulis dengan CoQ10 dan bekerja dengan cara masuk ke dalam lapisan epidermis untuk kemudian mengurangi tingkat oksidasi.

Produk yang menggunakan bahan ini umumnya krim atau lotion yang dirancang untuk menghilangkan efek sinar matahari pada kulit.

tags: