Sembilan Makanan Terbaik Untuk Mencerahkan Kulit

makanan terbaik untuk mencerahkan kulitPenggunaan produk perawatan kulit ataupun makeup memang diketahui dapat memberikan efek cerah pada kulit bila digunakan dengan benar. Namun keduanya memiliki banyak kelemahan seperti harga yang relatif mahal dan tentunya tingkat kecerahan yang diperoleh tidak begitu maksimal.

Cara terbaik untuk mencerahkan kulit tentu saja harus dimulai dari dalam tubuh itu sendiri. Pola makan yang baik dan gaya hidup sehat menjadi dua syarat mutlak yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Berbagai penelitian menunjukkan ada sejumlah makanan yang diketahui mempunyai kandungan nutrisi dan vitamin tinggi yang bila dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan kecerahan kulit.

Makanan apa sajakah itu? Di bawah ini merupakan beberapa jenis makanan terbaik untuk mencerahkan kulit seperti dirangku dari berbagai jurnal kecantikan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bukan hanya mengandung protein, serat dan lemak tak jenuh yang menyehatkan. Namun juga diketahui kaya akan mineral dan vitamin E.

Vitamin ini merupakan antioksidan alami dan berfungsi untuk mencerahkan serta melembutkan kulit. Jenis yang masuk pada kelompok kacang-kacangan meliputi kacang almond, kacang mete, kacang tanah dan lain sebagainya.

Buah berri

Stroberi, blackberry dan blueberry adalah sejumlah buah yang masuk ke dalam kategori buah berri. Buah-buahan tersebut tinggi akan antioksidan.

Seperti dijelaskan di atas bahwa antioksidan berguna untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Bukan itu saja, antioksidan juga berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak kulit.

Alpukat

Alpukat sering digunakan orang sebagai bahan dasar pembuatan masker alpukat. Masker ini berguna untuk meningkatkan kelembaban kulit sekaligus mencerahkannya.

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A, B, C, E serta vitamin K di dalamnya. Buah ini juga mengandung banyak magnesium, zat besi, fosfor dan kalium.

Tomat

Warna merah pada buah tomat merupakan efek dari tingginya kandungan lycopene, ini adalah senyawa antioksidan yang diyakini para ahli mampu meningkatkan kesehatan seseorang dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Ikan salmon

Makanan terbaik untuk mencerahkan kulit selanjutnya adalah ikan salmon. Asam lemak omega 3 dan berbagai nutrisi penting di dalamnya telah terbukti dapat meningkatkan kelembaban kulit. Perlu diketahui bahwa kecerahan kulit sangat dipengaruhi oleh tingkat kelembaban.

Brokoli

Brokoli adalah sayur dengan kandungan vitamin C serta antioksidan tinggi, sayuran ini berguna untuk meningkatkan produksi kolagen, sebuah protein yang bertanggung jawab terhadap kecerahan dan kekencangan kulit.

Dengan mengkonsumsi sayur ini secara teratur maka kulit akan semakin cerah dan terbebas dari segala macam bentuk tanda penuaan dini.

Minyak zaitun

Di antara sekian banyak jenis minyak yang ada di dunia ini, minyak zaitun memiliki banyak kelebihan. Maka tidak mengherankan bila masyarakat Romawi dan Yunani kuno menggunakan minyak ini sebagai bagian terpenting dalam ritual kecantikan mereka.

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh, vitamin dan antioksidan. Salah satu manfaat penting minyak ini adalah kemampuannya dalam melembabkan kulit dari dalam.

Coklat

Flavonol dalam buah coklat merupakan antioksidan yang sudah terbukti dapat menangkal berbagai jenis kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Itulah delapan makanan terbaik untuk mencerahkan kulit seperti diungkapkan oleh ahli kulit, pastikan anda mengkonsumsinya secara teratur untuk mendapatkan kulit cerah dan kencang.

tags: