Rambut Kering – Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Rambut Kering Bagaimana Cara MengetahuinyaRambut kering bisa terjadi kapan saja, namun masalah ini tentu saja lebih sering muncul ketika musim panas atau sering berada di tempat yang memiliki suhu tinggi. Banyak gejala dan tanda yang ditunjukkan ketika rambut mengalami masalah ini, namun banyak orang yang mengabaikan atau memang tidak menyadari tanda tersebut sehingga terlambat dalam melakukan upaya penanganan dan pencegahan.

Oleh sebab itu diperlukan sedikit pengetahuan untuk mengenali seluruh gejala dan tanda yang biasanya muncul ketika kulit kepala dan rambut mengalami masalah dengan kadar kelembabannya.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai rambut kering dan bagaimana cara mengetahuinya.

Tanda rambut kering

Banyak tanda yang mudah dikenali pada rambut kering, beberapa diantaranya bisa anda lihat di bawah ini:

  1. Kaku atau tidak fleksibel
  2. Tekstur rambut lebih kasar
  3. Rambut bercabang
  4. Kusam
  5. Mudah putus

Tanda diatas bahkan bisa dilihat oleh siapapun, untuk mengujinya silahkan lakukan beberapa metode sederhana berikut ini.

Kaku: Rambut yang kering cenderung kaku dan sulit diatur, untuk mengetahuinya cobalah untuk menarik rambut secara perlahan dengan sela-sela jari, bila rambut tidak dapat meregang secara normal maka itu menandakan kulit kepala dan helaian rambut kehilangan kelembabannya.

Tekstur kasar: Pada umumnya tekstur normal rambut adalah halus, ketika rambut kehilangan kelembabannya maka teksturnya akan berubah menjadi lebih kasar.

Bercabang: Salah satu tanda yang paling sering muncul ketika rambut mengalami kekeringan adalah ujung rambut pecah dan terbagi menjadi dua.

Kusam: Rambut dan kulit akan terlihat lebih kusam dari biasanya ketika tidak memiliki kelembaban yang cukup.

Mudah putus: Rambut yang mudah putus bisa menandakan adanya kerusakan yang sedang terjadi, pada rambut kering biasanya lebih sering putus di bagian tengah.

Perawatan dan cara mengatasinya

Ketika menemukan sebagian tanda di atas maka kemungkinan besar kita sedang berhadapan dengan masalah rambut kering, tidak perlu panik karena banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghentikannya.

Beberapa hal yang bisa kita coba bisa dilihat di bawah ini:

  • Menggunakan bahan alami, banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menanggulangi masalah tersebut. Silahkan buka halaman berikut untuk mengetahui bahan apa saja yang bisa digunakan dan bagaimana cara penggunaannya [Baca: Mengatasi rambut kering secara alami].
  • Oleskan pelembab, karena masalah tersebut bermula ketika kelembaban pada kulit kepala berkurang, maka cara terbaik untuk mengatasi dan mencegahnya adalah dengan menggunakan pelembab. Silahkan baca di sini untuk mengetahui cara pembuatannya [Baca: Langkah mudah membuat pelembab rambut dengan bahan alami].
  • Lakukan perawatan sederhana, ada tiga langkah perawatan yang bisa dilakukan seperti mengurangi penggunaan sampo, memanfaatkan mayones dan menyikatnya dengan lembut. Untuk informasi lebih detail mengenai tips ini anda bisa membacanya di sini.

Jika langkah pencegahan dan perawatan di atas dilakukan dengan baik maka niscaya masalah rambut kering yang sedang menimpa kita bisa segera teratasi secepat mungkin.

tags: