Rambut Bercabang: Lima Cara Merapikan Rambut

cara merapikan rambutMungkin tidak banyak orang mengetahui bahwa Jennifer Aniston dan Kate Middleton memiliki permasalahan yang sama yakni rambut bercabang. Keduanya memang lebih suka memilih gaya rambut panjang dengan variasinya masing-masing.

Rambut bercabang memang bisa terjadi pada siapa saja, panjang atau pendeknya rambut tidak menjadi suatu jaminan terbebas dari masalah ini. Namun harus diakui bahwa rambut dengan ukuran panjang lebih rentan terhadap masalah ini.

Daniel Johnson, seorang penata rambut para selebrity memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah ini dan sekaligus merapikan kembali tampilan rambut yang terlihat kusam.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi rambut bercabang dan cara merapikan rambut kita kembali.

1. Gunakan serum rambut

Hal paling penting yang harus dilakukan adalah menjalankan berbagai metode pencegahan, salah satu langkah pencegahan yang paling ampuh adalah dengan menggunakan serum rambut.

Serum ini berfungsi untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan lembab. Fungsi ini biasanya didapat ketika serum tersebut menggunakan gliserin sebagai bahan dasarnya.

Seperti dijelaskan pada kesempatan terdahulu bahwa penggunaan produk perawatan yang mengandung gliserin dapat mengunci kelembaban rambut atau kulit.

Jika rambut senantiasa terjaga kelembabannya maka niscara masalah ‘bercabang’ dapat kita cegah sedini mungkin.

2. Mencuci rambut tiap hari

Mencuci rambut tidak berarti harus menggunakan sampo, dengan air biasa pun sudah cukup. Usahakan untuk mencuci rambut setiap hari agar minyak pada kulit kepala dapat dibersihkan dan diganti dengan minyak baru yang lebih mampu menjaga kesehatan kulit kepala itu sendiri.

3. Gunakan sisir lembut

Sisir yang baik adalah sisir dengan gerigi longgar dan tidak terbuat dari plastik. Sisir yang memenuhi syarat tersebut dapat meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan sisir.

Apakah sisir dapat mengakibatkan kerusakan rambut? Dalam beberapa kondisi iya, contoh paling mudah adalah sisir dengan gerigi yang terlalu sempit dapat menimbulkan tarikan kuat pada akar rambut.

Bila hal ini terus berlangsung dalam waktu lama maka kekuatan akar rambut akan jauh berkurang dan kerontokan mungkin tidak dapat terhindarkan. Sisir yang terbuat dari plastik juga memiliki potensi merusak rambut, ketika sisir tersebut pecah atau terdapat retakan maka bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika ada sehelai rambut yang terjebak di dalamnya.

4. Jangan sisir saat masih basah

Kebanyakan dari kita justru melakukan hal sebaliknya, menyisir rambut ketika dalam keadaan basah. Perlu diketahui bahwa rambut yang masih basah adalah saat dimana rambut sedang berada dalam posisi paling lemahnya.

Coba perhatikan berapa banyak rambut yang menempel di sisir ketika menyisir saat masih dalam keadaan basah dan dalam keadaan kering.

5. Perbanyak asupan omega 3

Omega 3 diperlukan oleh tubuh untuk menjaga sistem sarap dan kekuatan rambut. Nutrisi penting ini bisa kita dapatkan dari ikan salmon, tuna dan sarden.

tags: