Rahasia Rambut Panjang Nan Indah

Rahasia Rambut PanjangMemiliki rambut panjang memang rentan dengan berbagai masalah seperti kerontokan, patah-patah, bercabang dan lain sebagainya. Oleh sebab itu dibutuhkan perawatan yang benar agar rambut tersebut terhindar dari segala macam bahaya yang senantiasa mengintainya.

Beberapa tips berikut ini bisa anda lakukan untuk menjaga rambut panjang milik anda tetap sehat dan indah bersinar. Berikut adalah rahasia rambut panjang nan indah seperti dinyatakan oleh beberapa pakar kesehatan dan kecantikan rambut.

1. Pangkas secara teratur

Lakukan pemotongan ujung rambut setiap dua bulan sekali untuk menghindari rambut bercabang dan kering. Pada umumnya rambut akan mengalami kekeringan di ujungnya dan cenderung keriting, pemangkasan dilakukan untuk menghindari hal tersebut.

Tidak perlu khawatir karena yang kita pangkas hanya beberapa senti saja, jadi sama sekali tidak akan merubah gaya rambut anda.

2. Rawat kulit kepala

Kesalahan utama kaum hawa adalah menghabiskan seluruh perhatiannya pada batang rambut, namun melupakan hal terpenting yakni kulit kepala. Perlu diketahui bahwa rambut sehat berasal dari kulit kepala yang sehat pula, kadar kelembaban yang terjaga, bersih dari bakteri dan jamur.

Untuk mendapatkan kondisi seperti itu diperlukan perawatan kulit kepala yang benar, penggunaan produk yang tepat serta tidak beruji coba dengan berbagai produk perawatan yang belum diketahui aman atau tidaknya.

3. Pangkas dengan benar

Jangan asal pangkas karena bisa memberikan kesan buruk bagi orang yang melihatnya, kebanyakan dari kita berusaha memangkas ujung rambut sendiri tanpa dibantu oleh orang lain.

Mintalah bantuan orang lain untuk melakukannya, atau pergila ke salon dan gunakan tenaga profesional.

4. Gunakan sampo dan kondisioner secara teratur

Untuk menjaga rambut tetap bersih dan segar, selalu gunakan sampo secara teratur. Penggunaan sampo bisa dilakukan setiap dua atau tiga hari sekali. Sedangkan kondisioner menjaga kulit kepala tetap lembab dan batang rambut mudah diatur.

Pilihlah produk yang benar-benar tepat dan memang dibutuhkan untuk kondisi rambut kita, hindari penggunaan produk berharga murah jika tidak memahami kandungan dalam produk tersebut.

5. Pijat dengan minyak zaitun

Kulit kepala membutuhkan nutrisi dan vitamin setiap harinya, keduanya diperoleh dari makanan dan dialirkan melalui peredaran darah. Jika peredaran darah terganggu maka dapat dipastikan suplay terbut juga mengalami gangguan.

Untuk menghindari hal ini, lakukan pemijatan kulit kepala menggunakan minyak zaitun hangat. Tidak perlu lama melakukannya, cukup 5 sampai 10 menit saja setiap hari atau minggunya.

Bila dilakukan secara teratur maka rambut akan lebih kuat dan bersinar indah.

6. Konsumsi banyak buah dan sayur

Seperti dijelaskan di atas bahwa rambut membutuhkan nutrisi dan vitamin. Vitamin dan nutrisi ini bisa kita dapatkan dari buah dan sayur, oleh sebab itu pastikan untuk selalu mengkonsumsi keduanya.

tags: