Punya Kulit Sensitif? Begini Cara Merawatnya

begini cara merawat kulit sensitifMarianna Blyumin, seorang ahli kulit di Miami menjelaskan bahwa sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif membuat tubuh memiliki tingkat sensitifitas lebih terhadap berbagai zat atau senyawa yang datang dari luar. Ini pun berlaku untuk kulit, kulit dengan tingkat sensitifitas tinggi bisa mudah iritasi, meradang dan gatal-gatal bila terpapar oleh zat maupun senyawa yang dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh.

Lalu apa yang semestinya dilakukan untuk merawat kulit sensitif agar terhindar dari iritasi, peradangan dan gatal-gatal tersebut? Berikut ini merupakan empat hal yang seharusnya dilakukan oleh setiap orang yang memiliki kulit sensitif.

1. Bahan kimia dalam produk pembersih

Tidak banyak senyawa yang bisa digunakan oleh kulit sensitif, oleh sebab itu jangan heran bila setelah menggunakan produk pembersih kulit jadi lebih kering, gatal-gatal atau bahkan ditemukan iritasi. Untuk megnhindari hal tersebut pastikan sabun atau produk pembersih yang digunakan memiliki kandungan surfaktan dan Sodium lauryl sulfate.

Surfaktan merupakan senyawa kimia yang mampu menghilangkan kotoran dan noda dari kulit sensitif tanpa menimbulkan efek samping, sedangkan sodium lauryl sulfate adalah senyawa yang mampu memberikan daya lembab sehingga kulit sensitif terbebas dari bahaya kekeringan yang biasanya akan muncul ketika penggunaan sabun atau pembersih tidak tepat.

Senyawa lainnya yang bisa digunakan oleh kulit sensitif adalah triclosan dan juga tetrasodium, keduanya merupakan senyawa yang memiliki sifat anti bakteri. Dari mana kita tahu bahwa produk mengandung senyawa tersebut? Silahkan baca pada label produk tersebut.

2. Hindari bahan pewangi

Bahan pewangi yang biasanya ada dalam kosmetik, makeup atau produk perawatan rambut dan kulit merupakan zat kimia yang paling sering menimbulkan alergi pada kulit sensitif. Oleh sebab itu pakar kulit tidak menganjurkan seseorang yang memiliki kulit sensitif untuk menggunakan produk-produk tersebut.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan produk bebas bahan pewangi, atau membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

3. Penggunaan bahan kimia dalam makeup

Secara garis besar, orang yang memiliki kulit sensitif disarankan untuk meninggalkan penggunaan produk yang mengandung bahan kimia. Ini adalah langkah paling aman yang bisa dipilih, namun jika tetap ingin menggunakan produk tersebut maka pastikan untuk melakukan pengujian terlebih dahulu.

Jenis makeup yang paling sering menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit sensitif adalah eye shadow, agar terhindar dari bahaya dan efek samping, oleskan pada punggung tangan dan lihat bagaimana kulit bereaksi.

Bila reaksi cenderung mengarah ke hal negatif maka cobalah untuk mencari produk eye shadow lainnya dan lakukan pengujian kembali, langkah ini harus terus dilakukan sampai kita menemukan produk yang benar-benar tidak mengiritasi kulit.

4. Perhatikan lingkungan sekitar

Pencemaran lingkungan, sinar matahari dan polusi udara bisa menimbulkan masalah bagi kulit sensitif. Untuk itu lindungi kulit dari berbagai hal yang telah disebutkan tadi.

tags: ,