Pola makan ini dapat mencegah rambut rontok

kerontokan pada rambutMencegah kerontokan pada rambut bukan hanya dilkukan lewat penggunaan obat atau produk perawatan rambut, ini juga bisa kita lakukan dengan mengatur pola makan.

Pengaturan tersebut meliputi makanan serta nutrisi apa saja yang setiap harinya harus kita penuhi, disamping beberapa makanan yang tentu saja harus dihindari atau dikurangi.

Dalam beberapa kesempatan terdahulu, banyak teori yang menunjukkan bahwa makanan berperan penting terhadap kelangsungan hidup manusia, hal ini juga yang membuat para ilmuan mengelompokkan makanan menjadi dua bagian.

Makanan sehat dan makanan berbahaya, berbahaya dalam artian dapat menurunkan tingkat kesehatan kita jika dikonsumsi secara berlebihan. Slah satu contoh nyata yang bisa kita temui adalah makanan berlemak atau makanan cepat saji.

Keduanya dapat memicu efek buruk bagi pengkonsumsinya, baik pada tubuh ataupun rambutnya. Lalu pola makanan seperti apa yang dapat mencegah kerontokan?

Berikut adalah aturan atau pola makan yang dapat mencegah rambut rontok, informasi ini kami dapatkan dari beberapa pernyataan pakar rambut dunia.

1. Mengkonsumsi makanan berlemak omega3

Menurut Dr. Andrew Weil, seorang ahli pengobatan alternatif mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung omega3 dapat menunjang pertumbuhan rambut.

Dokter ini menganjurkan kita untuk mengkonsumsi makanan tersebut minimal 3 porsi setiap minggunya. Ikan sarden, ikan salmon dan ikan tuna adalah beberapa makanan laut kaya omega3.

2. Lakukan diet seimbang

Seimbang di sini maksudnya adalah mencukupi semua kebutuhan vitamin dan nutrisi, biasakan untuk mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, kaya vitamin A, B, C, D dan lain sebagainya.

Vitamin serta nutrisi tersebut bisa kita peroleh dari buah-buahan dan sayur-mayur. Jika semua kebutuhan gizi tersebut dapat dipenuhi setiap harinya maka folikel akan mendapat cukup nutrisi dan bisa melawan kerusakan.

Kerusakan pada folikel merupakan awal mula terjadinya kerontokan, oleh karenanya tidak ada jalan lain selain menjaga folikel tersebut jika tidak ingin kehilangan rambut secara permanen.

3. Cukupi kebutuhan asam gamma-linolenat

Asam tersebut berguna untuk menjaga kesehatan rambut, kita bisa mendapatkannya dari minyak kismis. Meskipun makanan ini tergolong sulit ditemukan di Indonesia, namun sayang jika harus dilewatkan.

4. Hindari makanan yang memicu alergi

Jika kita termasuk salah seorang yang memiliki alergi terhadap salah satu makanan tertentu, maka hal terbaik adalah menghindarinya. Hal ini karena pada umumnya, makanan tersebut dapat memicu kerontokan meskipun sebenarnya menyehatkan.

Produk susu, kedelai, jagung serta gandum merupakan beberapa contoh makanan yang banyak dihindari orang yang sangat sensitif. Kunjungi dokter untuk menanyakan apakah kita termasuk salah satu orang yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

Dengan berkonsultasi pada dokter, kita bisa mengetahui ada atau tidaknya makanan yang harus kita tinggalkan.

Jalankan semua pola makan di atas agar rambut kita tetap sehat, lakukan juga perawatan dengan menggunakan bahan alami seperti yang pernah diterbitkan beberapa hari yang lalu [Baca: Cara mencegah rambut rontok].

tags: ,