Pola makan dan pertumbuhan rambut

Pola makan dan pertumbuhan rambutKita semua mengetahui bahwa pola makan yang baik dapat menjaga serta mempertahankan kesehatan tubuh secara keseluruhan baik dari organ dalam maupun organ terluar.

Oleh sebab itu pertumbuhan rambut tidak bisa dilepaskan dari apa yang kita makan setiap harinya, fakta inilah yang membuat para ahli berpendapat bahwa dengan mengkonsumsi makanan sehat tinggi gizi maka pertumbuhan rambut dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa harus menggunakan serum atau produk komersil lainnya.

Lalu bagaimana pola makan yang baik menurut para ahli terkait dengan pertumbuhan ini? Berikut adalah penjelasan detail mengenai hubungan antara pola makan dan pertumbuhan rambut.

Mengkonsumsi wortel

Sayur ini bukan hanya baik untuk organ mata, namun juga baik untuk mempertahankan kesuburan rambut sehingga bagian tubuh tersebut akan senantiasa berkembang secara normal.

Vitamin A yang terdapat pada wortel berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala, kulit kepala yang sehat merupakan syarat utama rambut sehat.

Buah prem

Buah ini dikenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi, zat ini berguna untuk mengatasi rambut bercabang, kering, kasar, beruban dan masalah kerontokan.

Buah ini hanya salah satu contoh saja, bagi anda yang kesulitan mendapatkan buah ini bisa menggantinya dengan sayuran atau buah yang mengandung zat besi seperti misalnya bayam.

Kacang hijau

Kacang hijau tidak hanya mengandung antioksidan alami dan vitamin saja, namun juga diperkaya dengan mineral penting seperti zat besi, zinc dan vitamin B yang semuanya berfungsi untuki menyehatkan rambut.

Gandum

Gandum tidak hanya kaya akan serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan, makanan ini pun dikenal dengan zat besi, omega 6 dan zinc.Omega 6 sendiri merupakan asam lemak yang berguna untuk menjaga perumbuhan rambut tetap berjalan.

Udang

Udang kita gunakan untuk menggantikan fungsi daging merah, daging merah merupakan sumber utama protein. Namun sayangnya makanan ini tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan apalagi bagi orang yang bermasalah dengan kolesterol.

Kandungan protein dalam udang tidak terlalu berbeda jauh dengan daging merah, keduanya sama-sama menjadi sumber utama nutrisi penting ini.

Kenari

Kenari termasuk ke dalam kelompok kacang-kacangan, kenari tidak jauh berbeda dengan gandum yang memiliki omega 6 asam lemak.

Telur

Berbicara tentang sumber protein maka tidak bisa dilepaskan dari telur, makanan ini kaya dengan protein dan berbagai nutrisi penting lainnya. Salah satu keunggulan telur dibanding dengan sumber protein lainnya adalah kandungan kolesterol yang sangat rendah.

Produk susu

Pola makan sehat tidak dapat dipisahkan dari produk susu, minuman penting kaya dengan mineral dan gizi ini memiliki manfaat tinggi bagi rambut. Jangan lupa untuk menambahkan yogurt ke dalamnya untuk mendapat manfaat berlipat.

Yang harus diingat adalah produk susu dan yogurt yang kita gunakan harus rendah lemak agar tidak menimbulkan masalah baru dikemudian hari.

tags: