Pertanyaan populer terkait perawatan kulit

terkait perawatan kulitSetiap harinya kulit kita terkena berbagai macam debu dan zat kimia, namun sel kulit rusak tersebut akan terus diganti dengan sel baru sehingga mampu menahan semua senyawa berbahaya bagi tubuh.

Proses regenerasi memang alami dan terjadi tanpa kita sadari, meskipun demikian banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses tersebut. Pengaruh dimaksud bisa baik atau bahkan buruk dan mengganggu serta menghambat regenerasi.

Untuk menghindari hal itu, maka cara terbaik adalah dengan melakukan berbagai perawatan yang dibutuhkan kulit. Sayangnya di titik ini banyak sekali orang salah dalam mengambil langkah sehingga usaha yang dilakukan sia-sia.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan mengupas secara tuntas tentang berbagai macam pertanyaan yang sering diajukan orang terkait dengan masalah perawatan kulit.

Berikut adalah beberapa pertanyaan populer terkait perawatan kulit yang sering kami terima baik di akun facebook ataupun melalui email yang masuk.

1. Bagaimana cara merawat kulit kering

Ini adalah pertanyaan yang paling banyak ditanyakan, kulit kering bukanlah hal aneh bagi kita yang hidup di negara tropis. Jawaban untuk pertanyaan ini sebenarnya telah kita bahas bersama dalam berbagai kesempatan.

Penyebabnya adalah kadar kelembaban begitu rendah, kadara kelembaban dipengaruhi oleh banyak faktor seperti paparan sinar matahari, pola makan buruk atau faktor genetik.

Selain itu penggunaan air secara berlebihan juga dapat mengikis kelembaban alami, terlalu sering mencuci adalah contohnya. Untuk mengatasi hal ini silahkan ikuti beberapa tips yang telah dijelaskan di halaman ini [Baca: Cara mengatasi kulit kering].

2. Seberapa sering membersihkan kulit

Banyak orang beranggapan bahwa semakin sering kita membersihkan kulit maka semakin terjaga pula kesehatan serta kecantikan kita. Faktanya tidak seperti itu, semakin sering kita mencuci wajah maka semakin berkurang juga kadar kelembaban yang kita miliki.

Beberapa ahli menyatakan bahwa jumlah atau banyaknya aktifitas dalam membersihkan kulit yang paling dianjurkan adalah dua kali sehari. Perlu digarisbawahi bahwa ini hanya berlaku ketika kita menggunakan produk pembersih wajah.

Namun jika pencucian tersebut hanya menggunakan air biasa maka tidak ada ketetapan umum yang berlaku.

3. Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak

Bagian wajah yang biasa bermasalah dengan gangguan minyak berlebih adalah zona T, yaitu dahi, hidung dan dagu. Jenis seperti ini memang lebih rentan terhadap jerawat dan komedo.

Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan ikuti panduan dan langkah-langkah sederhana yang pernah diulas di halaman berikut [Baca: Cara mengatasi kulit berminyak].

4. Langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi iritasi

Iritasi biasanya sering menimpa seseorang yang memiliki kulit sensitif, jenis ini memang sangat rentan terhadap berbagai zat kimia bahkan kebersihan lingkungan.

Banyak informasi berkembang terkait masalah ini, salah satunya terdapat dalam artikel berikut [Baca: Cara merawat kulit sensitif].

5. Bagaimana mengatasi komedo dan jerawat

Jutaan orang terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat, hal ini sebelumnya sudah dijabarkan secara jelas, untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi persoalan jerawat silahkan buka kembali halaman ini [Baca: Enam cara menghilangkan jerawat].

Sedangkan untuk komedo sendiri, banyak penjelasan yang bisa kita dapatkan, komedo pada awalnya adalah tumpukan sel kulit mati yang berada dalam pori-pori.

Selain tumpukan sel kulit mati, ada juga sebum atau minyak dalam pori-pori tersebut. Setelah sekian lama dan teroksidasi oleh sinar matahari maka terbentuklah bintik-bintik hitam atau putih.

Bintik-bintik inilah yang biasa dikenal dengan nama komedo. Untuk mengatasi peroalan tersebut silahkan lakukan beberapa tips di halaman berikut [Baca: Cara menghilangkan komedo dalam satu hari].

tags: