Perawatan untuk rambut bercabang

Perawatan untuk rambut bercabangRambut bercabang memang menjadi masalah serius yang biasa didapati pada gaya rambut panjang, hal ini sebenarnya disebabkan oleh kurang gizi maupun paparan sinar matahari sehingga kelembaban alaminya terbuang.

Kehilangan tingkat kelembaban seringkali menimbulkan berbagai macam gangguan seperti pecah-pecah dan bercabang. Untuk mengatasinya tidak terlalu sulit karena bahan yang kita butuhkan pun mudah didapat di sekeliling kita.

Berikut adalah tahap dan langkah perawatan untuk rambut bercabang seperti dikutip dari berbagai sumber ahli.

Bahan yang kita butuhkan

  • Sampo ringan
  • Kondisioner

Benar, kita hanya membutuhkan dua hal di atas. Namun perlu diperhatikan bahwa kondisioner yang dibutuhkan bukan sembarang kondisioner, pilihlah kondisioner yang mengandung keratin atau echinacea.

Keratin sendiri merupakan protein yang membantu tumbuh sehat dan terbebas dari berbagai masalah seperti bercabang, pecah-pecah dan kerontokan dini.

Produk sampo seperti ini telah banyak dijual dan sangat mudah ditemukan, silahkan lihat pada label dalam kemasannya atau tanyakan pada penjualnya langsung.

Jika keduanya telah kita dapatkan, silahkan ikuti semua langkah dan tahapan-tahapan mudah di bawah ini untuk mengembalikan kelembaban alami dan mencegah masalah tersebut.

Langkah-langkah

Mulailah untuk memotong secara teratur, hal ini dilakukan agar retakan atau cabang tersebut tidak naik ke atas dan memperparah keadaan. Pemotongan bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan dan hanya terfokus pada rambut yang mengalami keretakan tersebut.

Setelah rambut bercabang benar-benar kita singkirkan, kini saatnya menggunakan sampo pelembab yang dibutuhkan guna memberikan kelembaban alami pada rambut kita.

Gunakan secara merata dengan disertai pemijatan ringan pada kulit kepala agar semua nutrisi bisa diterima oleh kulit kepala melalui peredaran darah yang lancar.

Setelah proses di atas selesai, oleskan kondisioner yang telah kita siapkan sebelumnya. Kondisioner ini harus digunakan pada seluruh helaian dan berfungsi untuk menutrisi.

Diamkan selama lima menit lalu bilas dengan air sampai bersih, setelah semuanya kita lakukan kini keringkan dengan handuk kering. Penggunaan handuk hanya untuk menyerap sisa air, bukan untuk membuatnya kering.

Jangan gunakan handuk untuk menggosok dan memukul rambut karena semua hal yang kita lakukan akan sia-sia.

Langkah terakhir adalah dengan mengkonsumsi semua makanan bervitamin dan nutrisi tinggi, keduanya bisa kita dapatkan dari sumber alaminya seperti buah dan sayur mayur.

Selain cara di atas, kita juga bisa menggunakan langkah tradisonal yang lebih mudah. Silahkan lihat di halaman ini untuk membaca panduannya [Baca: Melembabkan rambut dengan masker alpukat].

Meskipun bahan yang kita butuhkan lebih banyak dari cara yang ada di halaman ini, namun masker alpukat diketahui ampuh dalam mengembalikan kelembaban dan mencegah rambut bercabang.

Gunakan secara teratur sedikitnya 2 kali seminggu untuk menghindari semua hal-hal yang tidak kita inginkan.

tags: