Perawatan Rutin Untuk Kulit Berminyak

Perawatan Rutin Untuk Kulit BerminyakWanita atau pria yang memiliki kulit berminyak biasanya mempunyai ukuran pori-pori lebih besar di banding jenis kulit lainnya, kulit juga akan terlihat lebih mengkilap dan mudah kotor oleh debu.

Kondisi ini tentu saja bisa mengundang banyak bahaya bila tidak dirawat dengan baik dan teratur, salah satu bahaya yang paling sering menimpa kulit berminyak adalah komedo dan jerawat.

Melakukan perawatan dengan benar serta teratur berarti menjaga wajah dan kulit agar tetap sehat, bersih, jauh dari jerawat dan komedo. Akan tetapi bila perawatan yang dijalankan kurang tepat atau hanya dilakukan sesekali saja maka jerawat akan mudah menyerang dan bukan tidak mungkin terjadi kerusakan jaringan dan meninggalkan cacat permanen.

Perawatan apa saja yang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga jenis kulit ini agar tetap bersih dan sehat? Berikut ini adalah beberapa tips perawatan rutin untuk kulit berminyak agar senantiasa sehat dan jauh dari masalah jerawat.

Membersihkan secara rutin

Kulit atau bagian tubuh apapun wajib dibersihkan secara rutin jika ingin tetap sehat, khusus untuk kulit berminyak diharuskan untuk menggunakan pembersih berbasis cair dan meninggalkan segala produk yang mengandung minyak.

Selain itu lebih disarankan untuk memilih produk dalam bentuk busa dibanding krim, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penyumbatan pori-pori.

Pastikan pembersih yang digunakan telah diketahui cocok untuk jenis kulit kita atau setidaknya memang dirancang untuk jenis kulit yang satu ini.

Pastikan untuk selalu menggunakan pelembab

Meskipun kulit berminyak terlihat lebih lembab dibanding jenis lainnya, namun penggunaan pelembab yang benar justru dapat mengurangi produksi minyak tersebut.

Ketika seseorang memutuskan untuk tidak menggunakan pelembab maka bagian kulit akan mengalami kekeringan, hal ini secara otomatis memaksa tubuh memproduksi minyak untuk mencegah kulit kering.

Angkat kulit mati

Langkah ini berlaku untuk semua jenis kulit, tujuannya agar kulit tetap kencang dan segar serta terhindar dari penyumbatan pori-pori dan tanda penuaan yang lebih sering dialami oleh kulit berminyak.

Gunakan krim atau bahan alami untuk melakukannya sebanyak satu atau dua kali seminggu, bagi yang tertarik dengan penggunaan bahan alami sebagai media pengangkatan sel kulit mati, silahkan baca di sini panduan lengkapnya [Baca: Angkat kulit mati dengan bahan alami].

Hindari bahan-bahan ini

Bukan hanya kulit sensitif saja yang menunjukkan reaksi negatif terhadap beberapa bahan kimia yang terkandung dalam sebuah produk perawatan, kulit berminyak juga kerap menunjukkan reaksi kurang baik ketika terkena beberapa bahan berikut ini:

  1. Kayu manis
  2. Kakao
  3. Mentega
  4. Minyak kelapa

Keempat bahan di atas sering ditemukan dalam produk perawatan kulit yang dijual bebas di pasaran, oleh sebab itu pastikan untuk selalu membaca label pada kemasan produk tersebut dan hindari jika memang terdapat salah satu dari keempat bahan yang telah dijelaskan tadi.

tags: