Perawatan Rambut Rontok untuk Perempuan

Perawatan Rambut Rontok untuk PerempuanJika kita sering menemukan pria yang tidak berambut hal itu masih dianggap ‘wajar’, tapi bila wanita yang mengalaminya maka dianggap sebuah hal yang tidak wajar meskipun kita tahu bahwa kerontokan rambut dapat terjadi pada siapa saja baik wanita maupun laki-laki.

Sudah bukan rahasia lagi bila pada umumnya kita baru mulai bertindak setelah gangguan yang dirasakan sudah sangat mengganggu, kita hanya akan diam menunggu sambil berharap gangguan tersebut dapat hilang dengan sendirinya.

Ketika kerusakan atau kerontokan tersebut sudah masuk dalam tahap kronis, barulah kita beranjak dari tempat duduk untuk mencari solusi cepat dalam mengatasi masalah tersebut.

Pilihan yang paling umum diambil para wanita adalah membeli produk berbahan kimia, produk ini sebenarnya sangat berbahaya karena jika digunakan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku atau tidak cocok dengan jenis rambut maka dapat memperparah kerusakan tersebut.

Beberapa penelitian terbaru terkait kebotakan pada wanita menunjukkan bahwa pola kebotakan yang umumnya terjadi pada kaum hawa berkisar antara 8% sampai 14% saja. Artinya, wanita jarang mengalami kebotakan secara menyeluruh seperti yang biasa terjadi pada kaum pria.

Meskipun demikian, kehilangan rambut dalam jumlah besar bisa membuat kita terlihat buruk di hadapan orang banyak. Tanda kerontokan pada wanita biasanya dimulai ketika jumlah rambut yang rontok setiap harinya mencapai angka 100.

Hal ini terus berlangsung selama beberapa hari lalu dilanjutkan dengan penipisan di beberapa bagian kepala. Pada tahap ini, sudah seharusnya pengobatan dilakukan, karena jika tidak maka kebotakan permanen tidak dapat dihinadrkan lagi.

Pengobatan bisa dilakukan di ahli spesialis rambut atau dilakukan secara manual di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang telah diketahui berkhasiat dalam meningkatkan kekuatan akar rambut.

Jika anda lebih memilih opsi kedua, maka silahkan baca tips-tips di bawah ini. Berikut adalah beberapa tips perawatan rambut rontok untuk perempuan seperti dikutip dari jurnal kecantikan.

1. Menggunakan aroma terapi

Siapkan minyak herbal kemudian kombinasikan dengan beberapa jenis rempah-rempah tertentu, hasilnya kita gunakan untuk melakukan pemijatan kulit kepala.

Tujuannya adalah untuk mengembalikan sistem peredaran darah agar lebih lancar. Jika sirkulasi darah lancar maka semua nutrisi dan vitamin dapat dikirimkan ke kulit kepala melalui darah tersebut.

Untuk mengetahui jenis aroma terapi yang paling baik, silahkan konsultasikan dengan dokter atau pakar rambut setempat. Langkah ini dianggap manjur untuk menghentikan penipisan dan telah dibuktikan oleh banyak wanita.

2. Menggunakan lidah buaya

Berbicara tentang kerontokan maka tidak dapat dilepaskan dari lidah buaya, tanaman ini telah diketahui sejak dulu dapat mengatasi masalah kerontokan baik pada pria maupun wanita.

Cukup ambil gel atau daging lidah buaya secukupnya lalu oleskan ke kulit kepala secara merata, tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air.

3. Memperbaiki pola makan

Apa yang kita makan hari ini sangat berpengaruh pada kesehatan seluruh tubuh termasuk rambut. Oleh sebab itu konsumsi makanan tinggi nutrisi dan vitamin seperti buah, sayur, daging dan ikan.

Hindari makanan berlemak tinggi seperti makanan cepat saji, batasi pula asupan kalori dan gula seperti minuman bersoda.

tags: , , ,