Perawatan rambut rontok pada wanita

Perawatan rambut rontokKerontokan yang dialami oleh kebanyakan wanita pada umumnya disebabkan oleh faktor usia dan ketidakstabilan hormon, keduanya ditengarai menjadi penyebab utama persoalan tersebut [Baca: Penyebab rambut rontok].

Bila gangguan pada rambut tersebut tidak juga segera di atasi, maka bukan tidak mungkin wanita tersebut akan mengalami kebotakan permanen. Tentu saja tidak ada seorang wanitapun yang rela kehilangan rambutnya.

Oleh sebab itu segera lakukan perawatan yang diperlukan saat mulai terjadi kerontokan tidak normal, para ahli memberikan batasan bahwa jika kerontokan tersebut hanya berkisar 100 helai rambut perhari maka ini adalah hal wajar.

Namun jika jumlah rambut yang rontok melebihi jumlah tersebut, maka jelas ada sesuatu yang salah dan harus segera diobati secepat mungkin agar tidak berimbas pada kebotakan.

Berikut adalah perawatan rambut rontok yang harus dilakukan oleh para wanita untuk mencegah kebotakan permanen.

1. Konsumsi makanan berzat besi tinggi

Mulailah membiasakan diri untuk mengkonsumsi semua jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi, kita juga bisa mendapatkan zat penting ini dari suplemen tambahan yang banyak dijual di apotik atau toko obat.

Zat besi diketahui dapat mencegah dan mengurangi rambut rontok, zat ini dapat hilang atau berkurang ketika seseorang mengalami pendarahan. Kita tentu sudah menegrti benar pendarahan yang sering terjadi pada wanita.

Semakin rendah kadar zat besi dalam tubuh, maka semakin kecil pula asupan oksigen pada folikel sehingga membuatnya mengalami kerusakan permanen.

Zat ini bisa kita dapatkan dari telur, unggas, kacang-kacangan, bayam dan buah.

2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12

Selain dengan mulai membiasakan diri untuk memakan makanan yang menjadi sumber zat besi, kita juga diharuskan untuk mengkonsumsi segala jenis buah dan sayur yang mengandung vitamin B12.

Vitamin ini berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf seseorang, selain itu berguna untuk membantu proses pembentukan sel darah merah.

Sel darah merah sendiri berfungsi sebagai penyuplai oksigen ke seluruh tubuh termasuk folikel, jadi kaitan vitamin B12 dengan pertumbuhan dan kesehatan rambut begitu erat dan tidak bisa dipisahkan.

Vitamin ini bisa kita dapatkan langsung dari sumber alaminya seperti daging unggas, produk susu dan ikan laut.

3. Konsumsi makanan bervitamin C dan biotin

Biotin dan vitamin C berperan untuk mencegah sekaligus mengurangi kerusakan dan kerontokan pada rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Brokoli, kangkung, daun bawang, kiwi, pepaya dan jeruk merupakan sumber penting vitamin C.

Sedangkan boitin sendiri berguna untuk memastikan rambut tetap dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apapun, biotin bisa kita peroleh dari gandum, biji bunga matahari, kenari dan beras merah.

4. Omega3

Omega3 bekerja sebagai penumbuh rambut alami dan mencegah tejadinya kerontokan. Senyawa penting ini bisa didapat dari sarden dan ikan salmon.

tags: ,