Perawatan Rambut Alami Untuk Pria dan Wanita

Perawatan Rambut Alami – Perawatan yang benar menghasilkan rambut sehat, bersinar dan terhindar dari segala macam kerusakan. Tidak perlu melakukan berbagai perawatan di salon atau membeli produk berharga mahal, cukup lakukan beberapa langkah dasar di artikel ini maka anda tetap bisa memiliki rambut indah bersinar.

Berikut merupakan Perawatan Rambut Alami Untuk Pria dan Wanita yang kami rangkum dari beberapa pakar rambut.

1. Lindungi Dari Sinar Matahari

Manusia tidak mungkin menghindari sinar matahari 100%, selain karena tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, sinar matahari juga dibutuhkan untuk mengaktifkan vitamin D. Yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari adalah dengan melindungi rambut dari paparan sinar ultraviolet secara berlebihan. Caranya bisa dengan menggunakan topi atau kain penutup serta produk perawatan rambut yang memiliki fungsi pelindung dari sinar tersebut. Rambut yang terpapar oleh sinar matahari secara berlebih dapat membuatnya tampak kusam dan susah diatur karena kadar kelembaban yang hilang.

2. Keringkan Dengan Benar

Pengering rambut atau hair dryer merupakan alat pengering yang lumrah digunakan oleh wanita, tidak ada masalah selama penggunaan alat pengering tersebut benar dan tepat. Namun jika digunakan secara berlebihan maka rambut kering bahkan terbakar bukan merupakan hal mustahil. Untuk itu banyak ahli rambut menyarankan agar mengurangi penggunaan alat pengering rambut tersebut, alasannya jelas yakni menghindari rambut kering dan segala efek buruknya.

Akan lebih baik lagi jika hair dryer hanya digunakan di saat-saat tertentu saja seperti tidak memiliki waktu luang karena harus segera berangkat kerja. Namun jika kita memiliki waktu senggang maka disarankan agar membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Jangan pula menggosokkan handuk atau kain ke rambut karena dapat merusak permukaan rambut.

3. Pangkas tiap satu atau dua bulan sekali

Perawatan Rambut Alami selanjutnya adalah Pemangkasan hanya dilakukan pada bagian ujung rambut dan dilakukan secara rutin setiap satu atau dua bulan sekali. Tujuan dari point ini adalah agar rambut terhindar dari masalah rambut bercabang yang banyak dikeluhkan oleh wanita.

4. Pastikan agar tetap rapi

Bawalah selalu sisir bergerigi longgar kemana pun anda pergi, tujuannya adalah agar rambut tetap dalam keadaan rapi dan terawat karena beberapa kerusakan justru terjadi saat rambut tidak dirapikan dengan benar. Jangan gunakan sisir bergerigi sempit karena bisa memberikan daya tarik kuat pada akar rambut dan mengurangi kekuatannya.

5. Konsultasikan dengan ahlinya

Tidak ada salahnya sesekali datang ke pakar atau ahli rambut dan meminta saran mereka tentang perawatan seperti apa yang dibutuhkan oleh rambut anda. Mereka lebih mengerti dalam bidang ini sehingga pendapatnya mungkin sangat berguna. Bila belum pernah sekalipun melakukan lima tips perawatan rambut di atas, maka cobalah untuk memulainya hari ini agar rambut anda para pria dan wanita tetap indah dan sehat.

Tips Perawatan Rambut Wanita Hamil

Tidak ada perbedaan mencolok dalam hal Perawatan Rambut Alami antara ibu hamil dan wanita lain, namun karena sedang mengandung maka keselamatan dan kesehatan bayi yang dikandung harus diutamakan. Bukan rahasia lagi jika pada beberapa produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner misalnya, mengandung beberapa jenis senyawa kimia yang bisa mengganggu kesehatan baik untuk ibu hamil tersebut maupun bayi yang berada dalam kandungannya.

Tips Perawatan Rambut Ibu Hamil

Oleh sebab itu diperlukan langkah tepat agar kondisi rambut tetap terjaga namun juga tidak membahayakan kesehatan. Silahkan ikuti semua tips dan langkah di bawah ini. Berikut adalah lima tips perawatan rambut wanita hamil seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hindari produk berbahan kimia

Meskipun tidak semua bahan kimia berbahaya bagi tubuh, namun ada baiknya untuk menghentikan sementara penggunaan produk tersebut selama masa kehamilan berlangsung. Oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan produk herbal atau produk bebas bahan kimia. Konsultasikan dengan dokter bila kesulitan memilih dan menemukan produk apa yang sebaiknya digunakan. Perlu diingat, ini semua dilakukan demi menjaga kesehatan Si bayi, jangan lakukan sesuatu yang dapat membahayakan kesehatannya.

2. Selalu perhatikan label suatu produk

Ketika telah memutuskan untuk menggunakan produk herbal, bukan berarti kita bisa dengan mudah memilih dan menggunakan produk tersebut. Karena bukan rahasia lagi jika ada beberapa produsen yang mengklaim bahwa produk mereka menggunakan bahan herbal namun tetap menggunakan bahan kimia. Salah satu bahan kimia yang umumnya ditemukan dalam berbagai produk perawatan rambut adalah pewarna buatan, usahakan untuk menghindari bahan tersebut.

3. Pastikan agar rambut tetap lembab

Terkadang meskipun tidak terapapar oleh sinar matahari atau segala hal yang menyebabkan rambut kering, ibu hamil tetap mengalami masalah dengan persoalan tersebut. Hal ini mungkin disebabkan oleh hormon tertentu, untuk meredakannya cobalah untuk menerapkan terapi minyak hangat. Minyak yang bisa digunakan untuk melakukan terapi ini meliputi minyak zaitun, minyak jojoba dan minyak esensial lainnya.

4. Jangan gunakan cat rambut di trimester pertama

Penggunaan cat rambut di masa trimester pertama sangat berbahaya, oleh sebab itu hindari penggunaan produk pewarna rambut apapun selama masa ini. Setelah lewat masa trimester pertama, anda bisa mulai menggunakannya lagi. Namun beberapa dokter masih tetap melarang penggunaan cat rambut selama masa kehamilan dengan alasan faktor kesehatan dan keamanan.

5. Pangkas rambut

Demi alasan keamanan dan kesehatan rambut itu sendiri, beberapa ahli lebih menganjurkan ibu hamil agar memangkas rambutnya. Tidak perlu khawatir, karena setelah masa kehamilan selesai, rambut akan tumbuh kembali seperti sedia kala.

Tips Perawatan Rambut untuk wanita hamil di atas sudah selayaknya dilakukan dengan sungguh-sungguh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada bayi yang masih dalam kandungan.

Tips Perawatan Rambut Pria dan Wanita Di Musim Panas

Salah satu hal yang berpotensi merusak keindahan rambut di musim panas adalah sinar matahari, paparan sinar ultraviolet secara berlebih sama berbahayanya dengan penggunaan hair dryer yang salah. Kerusakan awal ditandai dengan berkurangnya kelembaban rambut sehingga akan tampak kusam, kusut, susah diatur dan mungkin juga memicu masalah ketombe.

Tips Perawatan Rambut Di Musim Panas

Lalu apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk menghindari berbagai hal tersebut? Berikut ini adalah tips perawatan rambut Rambut Pria dan Wanita di musim panas seperti dinyatakan oleh Karen Shelton, seorang pakar rambut ternama.

1. Pilih kondisioner pelembab

Seperti dijelaskan di atas bahwa masalah yang kerap muncul pertama kali di musim panas adalah kelembaban yang turun drastis akibat suhu tinggi. Bila hal ini tidak segera diantisipasi maka dampaknya bisa terlihat langsung pada rambut.

Salah satu cara mudah mengembalikan kelembaban rambut adalah dengan menggunakan kondisioner, pilihlah kondisioner yang dirancang khusus untuk memberikan kelembaban pada kulit kepala dan rambut, silahkan lihat pada label atau kemasannya.

2. Hentikan penggunaa hair dryer

Di musim yang cenderung bersuhu tinggi dianjurkan untuk menghentikan penggunaan pengering rambut atau hair dryer, alasannya agar perangkat tersebut tidak merusak kadar kelembaban kulit kepala.

Tidak ada salahnya sesekali membiarkan rambut mengering dengan sendirinya tanpa harus menggunakan alat atau perangkat pengering, ini akan lebih aman dan mengurangi potensi kerusakan.

3. Gunakan tabir surya

Tabir surya bukan hanya digunakan untuk melindungi kulit, namun juga dibutuhkan oleh rambut. Cari dan pilihlah produk perawatan rambut yang memiliki kandungan SPF minimal 15 agar mampu melindungi rambut dari sinar matahari. Perlindungan juga bisa kita berikan dengan cara menggunakan penutup rambut seperti topi atau kain.

4. Pangkas rambut bercabang

Ketika ditemukan rambut bercabang maka hal pertama yang harus segera dilakukan adalah memangkasnya agar tidak menjalar ke bagian lain. Pemangkasan hanya berfungsi sebagai langkah pencegahan untuk melindungi bagian lain dan hanya beberapa inci saja.

5. Beralih ke sampo lembut

Mengatasi Rambut Rusak Alami dengan Shampo lembut. Meskipun kita telah terbiasa menggunakan salah satu jenis sampo dan terbukti aman, namun untuk musim panas pertimbangkan untuk mencoba sampo yang bersifat ringan dan mampu melembutkan helaian rambut.

6. Lakukan langkah pencegahan

Ada beberapa masalah yang kerap kali mengancam kesehatan rambut kita di musim panas seperti rambut bercabang, rambut kering, rambut keriting, gangguan ketombe dan perubahan warna rambut.

Dengan melakukan tips perawatan rambut di musim panas di atas diharapkan keindahan dan kesehatan rambut tetap terjaga dengan baik.

Perawatan Rambut untuk Pria dan Wanita Setelah Berenang

Berenang merupakan salah satu latihan yang efektif dalam membakar kalori, ketika seseorang melakukan renang selama kurang lebih 30 menit maka kalori yang terbakar bisa sampai pada 200 kalori. Latihan ini tentu sangat dianjurkan bagi orang yang sedang bermasalah dengan berat badannya. Namun kloin yang terdapat pada kolam renang bisa berakibat buruk pada rambut seperti perubahan warna rambut menjadi sedikit hijau, mudah patah dan rambut kering. Oleh karena itu perlu dilakukan langkah khusus untuk mencegah efek klorin tersebut tanpa harus meninggalkan aktifitas renang.

Tips Perawatan Rambut Setelah Berenang

Berikut adalah beberapa tips perawatan rambut untuk pria dan wanita setelah berenang seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Segera Gunakan Shampo

Jangan pernah tunggu hingga mengering, segeralah ke kamar mandi kemudian cuci rambut dengan sampo. Oleh sebab itu para ahli merekomendasikan pada setiap orang yang hendak berenang untuk selalu membawa sampo agar bisa segera digunakan setelah aktifitas tersebut selesai.

Hal ini dapat mengurangi potensi kerusakan yang diakibatkan oleh klorin tersebut, karena bila tidak segera dibersihkan maka klorin dapat meresap ke dalam batang rambut dan kulit kepala.

2. Gunakan Kondisioner

Setelah selesai mencuci rambut dengan sampo, sekarang gunakan kondisioner yang bersifat melembabkan. Pilihlah kondisioner yang dirancang secara khusus untuk mengatasi rambut kering, diamkan selama beberapa menit lalu bilas kembali dengan air bersih.

3. Lembabkan dengan buah alpukat

Selain berfungsi sebagai Cara Membuat Rambut Hitam Berkilau. Langkah ini juga harus dilakukan bagi orang yang biasa berenang setiap hari atau lebih dari tiga kali dalam seminggu, tujuannya adalah agar terhindar dari rambut kering dan kerusakan lainnya.

Siapkan beberapa bahan dasar berikut ini:

  1. Satu buah alpukat
  2. Satu sendok makan minyak zaitun
  3. Putih telur

Masukkan ketiga bahan di atas ke dalam mangkuk lalu aduk sampai rata, oleskan ke semua bagian rambut dan kulit kepala lalu tutupi dengan handuk selama 20 sampai 30 menit baru kemudian dibersihkan dengan air.

4. Gunakan Topi Renang

Untuk mengeurangi efek dari klorin dalam kolam renang, pastikan untuk selalu menggunakan topi renang untuk melindungi rambut dari klorin dan berbagai zat kimia yang ada dalam air.

Langkah ini juga didukung oleh Harvard School of Public Health yang menyatakan bahwa menggunakan topi atau penutup rambut sebelum berenang bisa mengurangi jumlah klorin pada rambut.

5. Pangkas rambut jika memungkinkan

Bagi yang sudah terbiasa melakukan aktifitas renang, mungkin sudah biasa dengan masalah rambut bercabang, kering, kusam dan lepek. Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan jalankan tips di atas dan disarankan untuk memangkas rambut untuk memudahkan perawatannya. Pemangkasan rambut ini lebih direkomendasikan untuk semua perenang baik pria maupun wanita.

Baca Juga :  Manfaat Santan Kelapa Bagi Kulit Dan Rambut

Lakukan tips perawatan rambut pria dan wanita setelah berenang di atas untuk memastikan agar zat kimia di kolam renang tidak menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala.

tags: