Perawatan kulit untuk usia berbeda

Perawatan kulit untuk usia berbedaUntuk mendapatkan kulit cantik dan sehat kita tentu harus senantiasa melakukan perawatan secara teratur, perawatan yang dilakukan oleh setiap orang pasti berbeda-beda.

Hal tersebut tidak lepas dari jenis kulit yang dimiliki, persediaan anggaran dan usia atau umur. Faktor-faktor inilah yang memunculkan adanya perbedaan cara tersebut.

Namun kali ini kita tidak akan membahas perbedaan yang muncul akibat jenis kulit atau anggaran yang dimiliki, kita hanya akan mengulas tentang perbedaan yang menurut umur.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai perawatan kulit untuk usia berbeda seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Kulit bayi

Bayi yang baru lahir sangat rentan dengan berbagai gangguan kulit seperti biang keringat, jerawat, infeksi dan alergi akibat terpapar oleh benda asing. Kulit pada bayi lebih mudah terkelupas, oleh sebab itu pastikan tidak ada benda-benda berbahaya di sampingnya.

Selain itu kenakan juga pakaian longgar dan minyak bayi untuk menjaga kelembabannya. Hindari penggunaan kain dalam menyerap keringat, pakai saja bedak bayi karena ini lebih aman untuk kulitnya.

2. Anak-anak

Masalah yang paling sering dihadapi oleh anak-anak adalah kotoran dan debu yang menempel di permukaan kulit mereka. Selain itu karena aktifitas yang lebih banyak dilakukan di luar ruangan membuatnya lebih rentan terhadap bahaya sinar matahari.

Sinar matahari berlebih yang memapar kulit dapat memicu serangan kanker kulit, oleh sebab itu ada dua hal penting yang harus kita lakukan untuk mencegah hal-hal tersebut.

Pertama gunakan pembersih wajah ringan untuk memastikan tidak ada lagi debu yang menutupi permukaan dan pori-pori mereka, atau untuk lebih mudahnya silahkan buatkan mereka masker. Ikuti panduannya di halaman berikut [Baca: Cara membuat masker wajah untuk anak kecil].

Sedangkan langkah kedua adalah dengan memakaikan mereka tabir surya setiap kali hendak bermain di luar ruangan. Gunakan produk yang mengandung minimal SPF 15.

3. Remaja

Remaja adalah masa yang paling rentan dengan gangguan jerawat, komedo dan tanda penuaan dini. Selain itu produksi minyak berlebih juga sering dikeluhakan oleh remaja.

Untuk mengatasi hal tersebut banyak hal yang perlu dilakukan, salah satunya adalah dengan rutin melakukan pengangkatan sel kulit mati seminggu sekali, menggunakan pelembab setiap kali mandi dan mengoleskan tabir surya setiap kali hendak keluar.

Untuk detail informasinya telah diulas secara mendalam beberapa hari yang lalu, silahkan buka kembali halaman-halaman di sini.

4. Orang tua

Karena ini adalah masa tua maka tidak heran bila di masa seperti ini kita akan mendapati banyak sekali guratan halus di area kelopak mata, bibir, hidung dan pipi.

Hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi masalah tersebut adalah dengan mengoleskan pelembab setiap kali selesai mandi, mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekencangan kulit serta menggunakan tabir surya untuk mencegah flek hitam akibat radiasi sinar ultraviolet.

tags: ,