Perawatan kulit untuk remaja

Perawatan kulit untuk remajaKulit remaja yang tidak stabil, hari ini lembut dan halus namun pada keesokan harinya berubah menjadi berminyak atau kering. Hal ini tidak bisa dilepaskana dari ketidakstabilan hormon pada mereka sehingga perawatan yang dilakukan pun harus ekstra hati-hati.

Salah satu hal yang paling mengganggu kaum remaja adalah komedo dan jerawat, hampir 85% remaja pernah mengalami jerawat maupun komedo. Masalah ini menjadi jalan masuk bagi kerusakan kulit permanen.

Kita tahu bahwa jerawat bisa menimbulkan lesi atau luka yang sering dinamakan juga dengan bekas jerawat. Jika bekas luka tersebut tergolong ringan maka bisa dengan mudah diatasi. Namun jika ternyata bekas yang ditimbulkannya menimbulkan cekungan pada kulit maka bekas luka ini tidak bisa dihilangkan dengan cara-cara biasa.

Cekungan pada kulit tersebut biasanya permanen dan berpengaruh langsung pada rasa kepercayaan diri remaja, paling tidak butuh beberapa waktu lama untuk mereka beradaptasi dengan penampilan baru mereka.

Mengobati memang butuh kesabaran dan biaya yang tidak sedikit, maka dari itu lakukan beberapa tips perawatan di bawah ini agar terhindar dari segala gangguan kulit yang bisa mengancam kesehatan dan kecantikan kulit kita kedepannya.

Berikut adalah beberapa tips perawatan kulit untuk remaja seperti dikutip dari beberapa pakar kecantikan kulit dunia.

Tahap pertama

Seperti pada tips perawatan lainnya, mencuci atau menjaganya tetap bersih adalah hal utama. Namun terlalu sering mencuci wajah justru dapat berakibat fatal.

Untuk itulah para ahli hanya merekomendasikan kita untuk membilas wajah dengan sabun ringan sebanyak dua kali sehari, hal ini karena sabun dapat mengikis kelembaban kulit kita dan menyebabkan pengelupasan kulit yang lebih mirip dengan sisik.

Selain dibatasi dalam melakukan hal tersebut, kita juga diharuskan untuk tidak menggunakan air panas. Alasannya sama dengan di atas yakni dapat mengurangi kelemababan alami.

Tahap kedua

Oleskan produk yang mengandung asam salisilat untuk mencegah munculnya jerawat, penggunaan produk ini hanya dilakukan sesekali saja dan tidak boleh terlalu sering karena justru akan membuat kulit kering dan bermasalah dengan gangguan kulit bersisik dan kusam.

Tahap ketiga

Gunakan produk bebas minyak, baik kosmetik, makeup, atau pembersih wajah. Carilah produk yang bertuliskan bebas minyak atau noncomedogenic.

Hal ini karena masa remaja adalah masa dimana sering berhadapan dengan minyak berlebih di wajahnya, bila hal ini ditambah dengan penggunaan produk yang mengandung minyak maka akan menciptakan kondisi yang lebih parah.

Seperti telah dijelaskan beberapa saat lalu bahwa penyebab jerawat salah satunya adalah minyak berlebih yang tidak segera diatasi sehingga terjadi penyumbatan pada pori.

Tahap keempat

Hinari menyentuh wajah terlalu sering, jika pun haru maka cucilah tangan terlebih dahulu menggunakan sabun antibakteri agar bakteri yang terdapat pada tangan tidak berpindah tempat ke wajah dan menginfeksi bagian tersebut.

tags: