Perawatan kulit Perawatan kulit untuk penderita diabetes

Published on May 14th, 2013 | by admin

0

Perawatan kulit untuk penderita diabetes

Perawatan kulit untuk penderita diabetesPenderita diabetes sangat rentan terhadap berbagai macam infeksi dan bisa berakibat buruk ke depannya, jika diabetes telah merusak sistem saraf maka luka dan goresan pada kaki tidak lagi dapat dirasakan.

Selain tidak dapat merasakan hal itu, luka yang terjadi juga bisa terinfeksi dan melebar ke bagian tubuh yang masih normal. Inilah alasannya kenapa para pasien wajib menerapkan metode perawatan pada kulit mereka agar dapat mengetahui luka sedini mungkin dan mencegah berkembangnya infeksi.

Jadi tujuan perawatan kulit bagi penderita diabetes dan orang lain sedikit berbeda, jika pada orang lain perawatan ditujukan guna menjaga kesehatan dan kecantikan kulit mereka. Namun bagi pasien diabetes hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu mereka dalam mengindentifikasi luka secepat mungkin.

Berikut adalah cara perawatan kulit untuk penderita diabetes seperti dilansir dari beberapa sumber dan jurnal online.

1. Memeriksa bagian kaki setiap malam

Seperti dinyatakan di pembukaan tulisan ini bahwa semua langkah ini ditujukan guna mengetahui dan mendeteksi berbagai jenis luka pada kulit yang mungkin dapat berkembang menjadi infeksi.

Oleh sebab itu diperlukan ketekunan dalam memeriksa seluruh anggota badan apakah terdapat luka, lecet atau memar. Terlebih lagi pada daerah kaki yang jauh dari mata dan seringkali terlewat.

Ingat, point ini berada di urutan pertama karena begitu berbahayanya infeksi atau luka kecil bagi happy wheels demo pasien diabetes. Tidak seperti luka atau infeksi yang terjadi pada kebanyakan orang yang tidak menimbulkan gangguan serius.

2. Singkirkan kapalan setelah mandi

Hilangkan semua bentuk kapalan setelah selesai mandi dengan menggunakan batu apung, proses ini dilakukan untuk mencegah meluasnya kapalan tersebut pada bagian kulit yang lain.

3. Kenakan kaus kaki

Kaus kaki digunakan dengan tujuan untuk meminimalisir lecet dan goresan pada kulit, goresan sedikit saja dapat berakibat buruk bagi orang yang menderita diabetes karena sangat rentan terhadap infeksi.

Selain kaus kaki, gunakan pula sepatu atau sandal saat berada di luar ruangan demi menghindari duri yang kemungkinan ada di sekeliling kita.

4. Keringkan tubuh setelah mandi

Saat kulit basah maka akan lebih mudah mengalami goresan dan menyebabkan luka, oleh sebab itu pastikan kita mengeringkan tubuh kita setelah mandi untuk menghindari masalah tersebut.

5. Gunakan pelembab

Tidak berbeda apakah penderita diabetes atau bukan, semuanya perlu menggunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit mereka agar terhindari dari masalah kulit kering.

Gunakan pelembab yang ringan dan hanya berbasis cair tanpa mengandung minyak, selain itu cobalah untuk membuat pelembab sendiri dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang telah diulas dalam artikel terdahulu.

Dengan mengikuti semua langkah di atas, diharapkan kita dapat mengurangi resiko infeksi dan kerusakan pada kulit akibat goresan dan luka. Lakukan perawatan tersebut secara rutin untuk memastikan kita tetap dalam kondisi terbaik.

Tags: , 1



Back to Top ↑