Perawatan Kulit Untuk Menghilangkan Jerawat

Perawatan Kulit Untuk Menghilangkan JerawatJerawat disebabkan karena penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih dalam pori-pori, keduanya kemudian teroksidasi oleh sinar matahari. Selain itu jerawat juga diakibatkan karena infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan diperparah oleh perawatan kulit yang tidak tepat.

Untuk menghilangkan dan sekaligus mencegah gangguan jerawat dibutuhkan metode pengobatan yang benar serta perawatan kulit yang tidak asal-asalan.

Perawatan seperti apa yang perlu diketahui untuk dapat menghilangkan dan mencegah masalah ini? Berikut adalah lima tips perawatan kulit untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya datang kembali.

Bersihkan secara teratur

Untuk membersihkana wajah dan kulit dari kulit mati dan minyak mati dibutuhkan produk pembersih yang tidak bersifat keras sekaligus memiliki kandungan yang memang dibutuhkan. Produk seperti ini sudah semakin banyak beredar di pasar dan mudah didapat dengan mudah.

Untuk jenis kulit kering pilihlah produk pembersih yang tidak mengeringkan kulit, sedangkan untuk kulit berminyak carilah pembersih berbasis cair agar tidak memperparah produksi minyak tersebut.

Pemilihan produk pembersih yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kita dalam mengatasi masalah jerawat dan mencegahnya untuk datang kembali.

Hati-hati saat menyeka keringat

Keringat adalah cairan yang dikeluarkan melalui kelenjar keringat. Keringat dipenuhi dengan bakteri, kuman dan racun. Oleh karena itu jangan seka keringat secara sembarangan dan didiamkan terlalu lama.

Usahakan agar keringat tersebut tidak mengalir ke bagian kulit lainnya, dan segera bersihkan dengan pembersih wajah yang cocok agar seluruh bakteri, racun dan kuman dapat segera disingkirkan dari permukaan kulit.

Batasi menyentuh wajah dengan jari

Bagian tubuh manusia yang paling banyak dihinggapi oleh bakteri dan kuman adalah tangan, hal ini dapat terjadi karena tangan merupakan organ yang digunakan manusia untuk menyentuh dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Sedangkan kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang fungsinya untuk melindungi organ bagian dalam, kulit merupakan salah satu organ manusia yang rentan terhadap bakteri dan kuman.

Bisa dibayangkan bila tangan atau jari yang dipenuhi oleh bakteri bertemu pangsung dengan kulit yang rentan, kemungkinan besar akan terjadi perpindahan bakteri dari ujung jari ke kulit dan menginfeksi kulit itu sendiri.

Gunakan benzoil peroksida

Benzoil peroksida merupakan senyawa yang dianjurkan para ahli untuk mengatasi jerawat, senyawa ini biasanya terdapat dalam sabun anti jerawat, obat jerawat ataupun masih dalam bentuk aslinya.

Silahkan konsultasikan dengan dokter terdekat sebelum mulai menggunakannya atau ikuti panduan berikut ini [Baca: Delapan obat jerawat terbaik].

Jangan pecahkan jerawat

Inilah salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang, berusaha mengeluarkan jerawat dianggap dapat mengatasi jerawat dalam waktu singkat.

Padahal faktanya justru hanya akan memperparah keadaan, bakteri dan kuman yang ada dalam jerawat dapat mengenai bagian kulit lain dan menginfeksinya sehingga penyebaran jerawat tidak dapat terhindarkan.

tags: