Perawatan kulit untuk atlet

Perawatan kulit untuk atletMenurut Dr. Brian Burke Adams, seorang profesor di Universitas Cincinnati School of Medicine menyatakan bahwa infeksi adalah salah satu gangguan kulit yang paling sering menyerang para atlet atau olahragawan.

Bakteri dapat menyerang dan menyebabkan berbagai macam penyakit kulit seperti jamur, sedangkan atlet yang berada di luar rungan lebih beresiko terhadap kanker kulit karena lamanya waktu yang mereka habiskan di bawah terik matahari.

Untuk mencegah itu semua dibutuhkan perawatan yang tepat, tentu saja perawatan yang dibutuhkan sedikit berbeda dengan orang kebanyakan. Hal ini karena aktifitas yang dijalankan para olahragawan memang jauh berbeda dengan orang rumahan seperti kita.

Berikut adalah langkah dan perawatan kulit untuk atlet serta para olahragawan agar terhindar dari semua bentuk infeksi dan kanker kulit yang lebih sering menyerang mereka.

1. Pelindung sinar matahari

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengenakan krim tabir surya, ini adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jika pada orang biasa saja diharuskan mengenakan tabir surya untuk melindungi mereka dari paparan sinar ultraviolet, maka apalagi jika untuk orang yang hampir semua waktunya dihabiskan di luar ruangan.

Jika olahragawan berkeringat maka oleskan kembali tabir surya tersebut karena pemakaian pertama sudah hilang oleh keringat.

2. Pilihlah produk bebas minyak

Karena atlet sangat rawan terhadap biang keringat yang biasanya muncul di leher dan lengan tangan, maka gunakan selalu produk bebas minyak. Produk yang dimaksud adalah tabir surya dan pelembab, hal ini dimaksudkan agar tidak menyumbat pori-pori.

3. Gunakan topi

Jika keadaan mendesak dan kita tidak memiliki waktu lagi untuk mengenakan tabir surya atau pelindung, maka cara terbaik adalah dengan menggunakan topi untuk melindungi bagian leher dan wajah karena kedua bagian inilah yang paling terpengaruh oleh sinar ultraviolet.

4. Gunakan sandal saat berada di kamar mandi

Sandal kita gunakan untuk mencegah terjadinya perpindahan jamur dan bakteri yang berasal dari lantai kamar mandi ke kaki, bukan hanya untuk di kamar mandi saja, namun juga saat kita berada di luar ruangan.

Seorang dokter bahkan menyarankan agar kita mengenakan kaus kaki yang terbuat dari kain wol untuk menghindari berbagai bentuk infeksi akibat jamur.

Kaus kaki tersebut berguna untuk menyerap kadar kelembaban yang terlalu tinggi sehingga mengurangi resiko kita terhadap berkembang biaknya jamur dan kuman.

5. Mencuci tangan

Setelah olahraga selesai maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencuci tangan sampai benar-benar bersih. Hal ini untuk memastikan bahwa tangan dalam keadaan bersih dan bebas kuman yang dapat menginfeksi kulit.

Gunakan sabun antikuman yang bisa kita dapatkan di toko-toko terdekat dan jangan lupa untuk menjangkau sela jari-jari tangan. Jika memang semua aktifitas telah selesai maka sebaiknya bukan hanya mencuci tangan, namun dianjurkan untuk segera mandi.

tags: ,