Perawatan kulit setelah berenang

Perawatan kulit setelah berenangBerenang memang memiliki banyak manfaat terutama bagi mereka yang seharian berada di bawah tekanan pekerjaan. Kegiatan ini memang terbukti ampuh dalam memberikan efek tenang pada pikiran seseorang sehingga menurunkan tingkat stress dan depresi yang mungkin sedang menyerangnya.

Namun seringnya merendam di kolam renang membuat kulit terasa lebih kering, apalagi jika kolam renang tersebut sebelumnya telah diberi klorin seperti kolam renang pada umumnya.

Zat ini bukan saja dapat membuat kulit kering, namun juga diketahui dapat membuat rambut kusam. Oleh sebab itu lakukan beberapa perawatan mudah di bawah ini agar kulit tetap sehat dan terhindar dari efek samping berenang.

Berikut ini merupakan langkah dan cara perawatan kulit setelah berenang seperti yang dilansir dari sebuah jurnal kecantikan kulit.

1. Mandi dengan air hangat

Setelah aktifitas tersebut selesai maka segeralah mandi dengan air hangat dengan menggunakan sabun pelembab. Kita juga bisa melewatkan sabun ini jika memang tidak ditemukan sabun yang cocok.

Sebagai gantinya, oleskan pelembab yang biasa kita gunakan sehari-hari setelah selesai mandi. Jangan lupa untuk memastikan kulit benar-benar kering dan terbebas dari air sebelum mengoleskan pelembab tersebut.

Jika masih kesulitan dalam menemukan produk pelembab yang cocok, silahkan ikuti panduan membuat pelembab di halaman ini [Baca: Cara membuat pelembab alami], sedangkan untuk bagian wajah ikuti tips berikut [Baca: Cara membuat masker pelembab wajah].

2. Gunakan minyak kelapa dan minyak almond

Selain mengoleskan pelembab, oleskan pula kombinasi antara seperempat minyak kacang almond dan seperempat minyak kelapa ke kulit dan tunggu sampai keduanya meresap ke kulit.

Lakukan langkah ini setiap kali selesai mandi untuk mengembalikan kelembaban kulit supaya tetap terhindar dari pecah-pecah dan kulit bersisik.

3. Gunakan scrub

Jangan lupa untuk menggunakan scrub setiap tiga hari sekali, scrub ini digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang terdapat dalam kolam renang.

Untuk pembuatannya silahkan ikuti cara yang telah dipaparkan di halaman berikut [Baca: Cara membuat scrub wajah], scrub tersebut sebenarnya bukan hanya untuk wajah saja namun bisa digunakan untuk seluruh bagian tubuh.

4. Gunakan baking soda

Selain mengikuti langkah pembuatan scrub di halaman tersebut, kita juga bisa membuatnya hanya dengan menggunakan baking soda. Caranya sangat mudah, kita campurkan sedikit air ke baking soda lalu aduk sampai membentuk pasta.

Setelah pasta terbentuk kini kita bisa langsung mengoleskannya ke kulit sambil dilakukan pemijatan dengan ujung jari. Setelah proses ini selesai, bilas sampai bersih dengan air dingin dan usap dengan handuk lembut.

Untuk langkah nomor empat ini kita hanya dianjurkan untuk menggunakannya sekali seminggu, jangan lebih dari itu karena justru dapat membuat kulit kering.

tags: ,