Perawatan kulit sensitif

Perawatan kulit sensitifKulit sensitif lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan sehingga membuat rasa tidak nyaman pada pemiliknya, sebenarnya ada produk perawatan yang bisa diaplikasikan pada jenis seperti ini, namun karena tidak ada informasi yang jelas mengenai produk seperti apa yang aman digunakan oleh kulit sensitif membuat konsumen sangat kesulitan dalam memilih produk tersebut.

Pada akhirnya semua berpulang pada konsumen itu sendiri, ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih dan membeli produk menjadi faktor penting. Untuk memudahkan hal tersebut, berikut kami jelaskan beberapa tips perawatan kulit sensitif seperti telah dijelaskan oleh para ahli.

Tahap 1

Pilihlah produk pembersih yang lembut lalu gunakan produk tersebut secara rutin untuk membersihkan wajah. Hati-hati terhadap produk pembersih yang menyebabkan masalah kering, pilihlah produk yang ringan serta jangan lupa untuk selalu mengoleskan pelembab setiap kali selesai mandi.

Bila tahap pertama ini kita lakukan secara teratur dan benar maka akan terhindar dari segala macam bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan infeksi dan peradangan.

Tahap 2

Pastikan kita selalu membaca label yang tertera pada setiap kemasan produk, ini untuk menghindari penggunaan zat berbahaya. Mungkin saja zat tersebut tidak menimbulkan efek samping pada jenis lain, namun untuk kulit sensitif bisa sangat berbahaya.

Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan dasar dalam mengenali zat apa saja yang berbahaya bagi kulit sensitif, silahkan baca di sini untuk mengetahui informasi tersebut [Baca: Empat senyawa berbahaya bagi kulit sensitif].

Jika ragu terhadap suatu produk maka hendaknya kita tanyakan pada dokter yang membidangi masalah tersebut.

Tahap 3

Menurut majalah Marie Claire, sebelum mulai menggunakan suatu produk perawatan hendaknya terlebih dahulu melakukan beberapa test mudah untuk mengetahui reaksi terhadap produk tersebut.

Oleskan sedikit pada bagian tangan atau kaki lalu tunggu beberapa jam, bila tidak ada reaksi aneh maka produk tersebut aman digunakan. Namun bila terjadi alergi, peradangan ataupun tanda dan gejala aneh lainnya maka lihat kembali apa saja bahan yang ada dalam produk tersebut.

Pencatatan perlu kita lakukan untuk memperhatikan senyawa apa saja yang mungkin menyebabkan masalah peradangan tersebut sehingga kita memiliki pengetahuan luas terhadap berbagai produk yang ada di pasaran.

Tahap 4

Langkah selanjutnya adalah melindungi organ ini dari bahaya sinar matahari, untuk melakukannya kita hanya perlu mengoleskan produk tabir surya. Produk ini tidak sulit ditemukan karena sudah dijual bebas di toko-toko kecantikan.

Tahap lima

Lakukan gaya hidup sehat dan hindari semua kebiasaan buruk seperti merokok, membiarkan stres berlarut-larut dan lain sebagainya. Asap rokok dapat menghalangi vitamin A dan oksigen masuk ke bagian kulit sedangkan stres dapat membuatnya semakin sensitif terhadap berbagai hal di sekitarnya.

tags: