Perawatan kulit sebelum tidur

perawatan kulit sebelum tidurWaktu tidur merupakan waktu yang sangat berharga bagi manusia, dalam waktu tersebut tubuh akan kembali ke dalam keadaan normal sehingga keesokan harinya dapat kembali bugar seperti biasanya.

Hal inipun terjadi pada kulit kita, saat istirahat kulit akan memproduksi zat yang membuatnya tetap cerah dan sehat. Itulah mengapa tidur yang cukup termasuk salah satu syarat yang harus dipenuhi jika kita menginginkannya tetap sehat dan bebas dari masalah.

Namun perlu diperhatikan bahwa, semua itu hanya bisa terjadi jika semua kotoran yang menempel sudah dibersihkan sehingga tidak mengganggu pori-pori dan permukaan.

Jika tidak maka cepat atau lambat akan terjadi peradangan dan penyumbatan sehingga menimbulkan masalah jerawat, flek hitam, komedo dan tanda penuaan lainnya.

Untuk itulah perawatan kulit sebelum tidur mutlak adanya dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Tidak sulit melakukannya, kita hanya membutuhkan beberapa menit saja.

Berikut adalah tips perawatan kulit sebelum tidur seperti telah dinyatakan oleh para ahli kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Membersihkan pori

Seperti yang telah dinyatakan dalam beberapa kesempatan terdahulu, membesihkan pori-pori secara teratur bertujuan untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada pori-pori.

Jika pori-pori ini tetap terjaga kebersihannya maka kita dapat dengan mudah menghindari semua persoalan pada wajah, jerawat adalah salah satu contohnya.

Gangguan ini biasanya diawali oleh penyumbatan pada bagian pori-pori, hal yang biasanya menyebabkan itu adalah sel kulit mati dan tumpukan minyak berlebih.

Bila hal ini didiamkan dan tidak segera dibersihkan secara teratur maka hampir dapat dipastikan akan terjadi peradangan yang mengarah pada jerawat dan komedo.

Untuk membersihkan pori-pori bisa menggunakan produk pembersih wajah komersil atau dengan scrub wajah yang dapat kita buat sendiri [Baca: Panduan membuat scrub wajah], kita juga bisa menggunakan deep cleanser untuk mengangkat semua kotoran pada pori dan permukaan kulit [Baca: Cara membuat deep cleanser untuk mengangkat kulit mati].

2. Memakan salad

Meskipun sedang tidur, kita tetap harus menjaga kelembabannya. Penggunaan pelembab adalah salah satu usaha eksternal kita, sedangkan cara yang bisa kita lakukan dari dalam adalah dengan mengkonsumsi salad.

Makanan ini kaya akan pelembab dan sangat baik untuk jenis kulit apapun.

3. Minum air secukupnya

Jangan biasakan tidur tanpa minum terlebih dahulu, ini demi menjaga tubuh terhindar dari efek buruk dehidrasi yang dampaknya dapat mempengaruhi kulit dan anggota badan lainnya.

4. Kenakan pakaian tidur

Pakaian yang cocok untuk dikenakan menjelang tidur adalah pakaian yang terbuat dari bahan ringan dan sejuk. Hindari penggunaan pakaian yang terbuat dari bahan kasar dan kurang nyaman digunakan.

5. Memakai krim malam

Jangan lupakan yang satu ini, produk ini berfungsi untuk mengatur dan menjaga kelembaban kita.

tags: ,