Perawatan kulit dan pola makan

Perawatan kulit dan pola makanPerawatan kulit dan pola makan memang dua hal berbeda, namun keduanya memiliki kaitan yang tidak dapat dipisahkan. Sperti yang orang bilang bahwa apa yang kita makan hari ini bisa dilihat dari kondisi tubuh kita sekarang ini juga.

Oleh sebab itu mengkonsumsi hal baik bukan saja dapat membantu tubuh tetap bugar namun juga telah terbukti dapat membantu kita untuk mendapatkan kecantikan kulit yang mungkin selama ini kita idam-idamkan.

Lalu apa saja yang perlu diketahui terkait dua hal ini? Berikut adalah penjelasan lengkap hubungan antara perawatan kulit dan pola makan seseorang.

Vitamin A

Mengkonsumsi makanan bervitamin A dapat mencegah radikal bebas dan memperbaiki bentuk kulit yang telah rusak sebelumnya. Tapi perlu diperhatikan bahwa bila tubuh menerima asupan vitamin A dalam jumlah berlebihan maka dapat menimbulkan berbagai gangguan seperti gangguan organ hati, mengurangi kepadatan mineral pada tulang dan cacat pada bayi.

Oleh sebab itu hal terbaik yang bisa disarankan oleh para ahli adalah sebisa mungkin memberikan asupan vitamin A dari sumber utamanya yaitu buah dan sayur, bukan hanya berasal dari suplemen.

Vitamin B

Vitamin B yang berguna untuk kulit adalah biotin yaitu B7, vitamin ini membantu metabolisme karbohidrat, lemak dan protein dalam makanan. Kekurangan vitamin ini dapat membuat kulit kering, bersisik dan pecah-pecah.

Hati, telur dan ragi adalah salah satu contoh dari sekian banyak makanan yang mengandung banyak vitamin B7 atau biotin.

Vitamin C

Dari sekian banyak vitamin yang ada dalam buah dan sayur, mungkin ini adalah salah satu vitamin yang paling populer dan lebih dikenal orang. Vitamin C berguna sebagai penangkal radikal bebas yang diakibatkan oleh sinar matahari dan lingkungan sekitar.

Selain itu vitamin ini berperan dalam penyerapan zat besi, penyembuhan luka dan meningkatkan produksi kolagen. Kita tahu bahwa kolagen sangat penting peranannya bagi kulit.

Vitamin E

Berguna untuk mencegah radikal bebas dan menghilangkan semua kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal tersebut. Biji-bijian, kacang-kacangan, brokoli, mangga, bayam, gandum dan tomat adalah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin E.

Kita juga bisa memperoleh semua vitamin di atas melalui suplemen, namun seperti dinyatakan di atas bahwa jika tubuh menerima vitamin dari suplemen secara berlebihan maka dapat menyebabkan berbagai jenis gangguan seperti liver, cacat dan lain sebagainya.

Asam lemak esensial

Asam lemak adalah bentuk dari lemak baik seperti alfa-linolenat dan Linolenic, keduanya tidak diproduksi dalam tubuh oleh sebab itulah kita hanya bisa memperolehnya dari lingkungan sekitar.

Kedelai, kacang-kacangan dan ikan salmon diketahui memiliki kandungan asam lemak esensial tinggi. Jadi sudah seharusnya kita memasukkan ikan tersebut ke dalam menu makan harian kita.

tags: