Perawatan kaki: Cara menghaluskan tumit

cara menghaluskan tumitMasalah mendasar pada kaki adalah pecah-pecah dan retakan di sana sini khususnya di bagian tumit, retakan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, namun biasanya dipicu oleh kulit kering dan perawatan yang kurang tepat.

Ada beberapa langkah mudah untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang memang dirancang untuk mengembalikan kelembaban sekaligus mengangkat seluruh kulit mati.

Untuk mengetahui bagaomana cara dan berapa lama waktu yang dibutuhkan, silahkan baca keterangan di bawah ini selengkapnya.

Berikut adalah cara menghaluskan tumit dengan produk perawatan komersil maupun dengan bahan-bahan alami.

Bila kita lebih memilih untuk menggunakan produk perawatan komersil seperti krim atau lotion, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai menggunakan produk tersebut.

Pertama adalah kandungannya, untuk mengatasi tumit pecah-pecah kita membutuhkan produk perawatan yang memiliki kandungan glikolat dan asam laktat tinggi.

Keduanya berguna untuk mengemblaikan kadar kelembaban tumit sekaligus mengangkat seluruh sel kulit mati. Untuk mengetahuinya silahkan baca pada label dan kemasan produk tersebut.

Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan penggunaan krim untuk merawat kulit di bagian tubuh lainnya, cukup oleskan lalu diamkan selama satu jam lalu bilas sampai bersih, jangan lupa untuk mengoloeskan produk pelembab.

Pemakaian di hari pertama tidak akan menunjukkan hasil apa-apa, hasilnya baru kita lihat di hari kelima dan seterusnya. Kulit mati pada bagian tumit akan mengelupas dan retakan akan mulai menghilang sedikit demi sedikit.

Setelah lima minggu pemakaian maka tumit akan benar-benar halus dan bebas pecah-pecah, retakan juga tidak akan terlihat sama sekali. Mengenai produk apa yang seharusnya kita gunakan, silahkan cari produk pelembab atau produk untuk merawat kulit yang mengandung kedua bahan penting tadi yakni glikolat dan asam laktat.

Di atas adalah penjelasan mengenai cara menghaluskan tumit dengan menggunakan lotion atau krim komersil. Sedangkan untuk mengatasi masalah tumit dengan bahan alami, silahkan baca keterangannya berikut ini.

Pertama kita membutuhkan dua sendok gula pasir, madu, minyak zaitun dan beberapa tetes jeruk lemon. Butiran gula pasir digunakan untuk mengangkat semua sel kulit mati, madu dan minyak zaitun ditujukan untuk melembabkan sedangkan cairan jeruk lemon memiliki fungsi sama dengan gula.

Masukkan gula pasir ke dalam mangkuk kecil lalu campurkan dengan air hangat secukupnya dan aduk selama beberapa detik. Oleskan secara perlahan pada tumit dengan gerakan mellingkar.

Lakukan proses tersebut selama 15 menit dan diamkan selama 10 menit, bilas hingga bersih dengan air hangat dan keringkan. Tahap selanjutnya adalah campurkan sisa bahan yang sebelumnya telah kita siapkan (Madu, minyak zaitun dan jeruk lemon).

Aduk ketiganya selama beberapa menit lalu oleskan pada tumit. Diamkan selama 20 menit atau tunggu sampai mengering kemudian bersihkan dengan air dingin.

Lakukan langkah di atas setiap hari selama dua minggu penuh maka niscaya tumit akan kembali halus dan lembut.

tags: ,