Peraturan diet zone

Peraturan diet zoneMeskipun banyak dikritik tentang tingkat kesulitan yang ada dalam metode ini, namun itu tidak mengurungkan minta sebagian masyarakat untuk menjalankan program ini. Hal ini tidak lain karena selain diklaim dapat menurunkan berat badan, zone juga dilakukan oleh beberapa selebriti Hollywood.

Sebenarnya banyak buku yang menjelaskan tentang aturan-aturan dasar metode ini, namun tentu kita harus mengeluarkan biaya untuk membelinya. Oleh sebab itu kami berinisitif untuk menuliskannya di sini agar bisa dibaca secara gratis tanpa harus dipungut biaya sepeser pun.

Berikut ini adalah beberapa peraturan diet zone seperti dikutip dari beberapa sumber dan buku yang kerap dijadikan sebagai referensi.

1. Menjaga rasio makanan

Rasio yang diberlakukan oleh pendiri diet zone adalah 40% karbohidrat, 30% lemak dan 30% protein, rasio ini harus tetap kita pertahankan selama proses penurunan berat badan berlangsung.

Jika keluar dari rasio ini sebelum target kita terwujud maka tubuh akan meresponnya dengan menyimpan lemak di berbagai bagian tubuh. Untuk itu diperlukan kesabaran dan keuletan saat melakukan teknik ini.

2. Memilih karbohidrat

Meskipun kita diperkenankan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat, bukan berarti semua jenis makanan boleh dikonsumsi. Pilihlah makanan yang menganduk index glikemi rendah karena dianggap lebih sehat dan tidak meningkatkan kadar gula dalam darah.

Oleh sebab itu pendiri metode ini menganjurkan pada para pesertanya untuk menghindari makanan bergula tinggi dan biji-bijian olahan karena diketahui memiliki index glikemik tinggi.

3. Memilih lemak dan protein

Untuk sumber protein yang dianjurkan adalah telur, daging bebas lemak, ikan, dada ayam, makanan laut, kacang-kacangan dan tahu. Semua jenis makanan tersebut dianggap sebagai sumber protein terbaik namun tetap rendah lemak sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memudahkan kita dalam menurunkan berat badan.

Sedangkan untuk lemak, kita hanya diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan berlemak tak jenuh, lemak jenis ini biasanya ditemukan pada buah alpukat, minyak ikan, minyak zaitun dan biji rami.

Namun perlu diperhatikan bahwa sebagian dari makanan-makanan di atas mengandung karbohidrat, oleh sebab itu jika makanan di atas dikombinasikan dengan sumber karbohidrat lainnya maka prosentasenya tetap tidak boleh melebihi 40%.

4. Waktu makan

Tidak seperti metode lainnya yang membebaskan kita untuk makan kapan saja asal memenuhi semua kriteria dan syarat, dalam diet zone ada aturan kapan kita harus makan kapan saat yang tidak diperbolehkan.

Di pagi hari, kita baru diperbolehkan makan tepat satu jam setelah bangun tidur. Setelah diawali makan pagi maka dalam setiap 2 sampai 3 jam kita harus makan.

Meskipun terdengar aneh namun tujuan dari aturan ini adalah untuk menghindari rasa lapar sehingga tidak memberikan kesempatan pada tubuh untuk menyimpan lemak sebagai cadangan energinya.

Peraturan-peraturan di atas memang sangat sulit dijalankan oleh masyarakat kebanyakan, ini lah kenapa banyak ahli yang mengkritik metode ini karena dianggap tidak mudah dijalankan oleh kebanyakan orang.

Namun setiap metode memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jika dipelajari lebih lanjut dan dijalankan sedikit demi sedikit maka tidak butuh waktu lama untuk menguasi metode ini.

tags: