Peraturan diet south beach

peraturan diet south beachPeraturan pada diet ini sebenarnya untuk menyeimbangkan semua nutrisi dan vitamin yang hilang karena tidak diperbolehkannya mengkonsumsi beberapa jernis makanan tertentu.

Oleh sebab itu, ikuti semua aturan-aturan yang telah diberlakukan pada south beach agar terhindar dari efek samping yang telah kita bahas dalam artikel sebelumnya [Baca: efek samping diet south beach].

Selain untuk menghindari efek negatif tersebut, peraturan ini sendiri dibuat untuk mempercepat proses penurunan berat badan kita agar masa yang dibutuhkan tidak terlalu panjang dan memakan waktu.

Berikut ini adalah peraturan diet south beach dalam setiap tahapnya seperti dilansir dari website resmi dan beberapa pakar gizi lainnya.

1. Fase pertama

Menurut sumber resmi, waktu yang dibutuhkan untuk menjalani fase ini adalah sekitar 2 minggu. Fase ini untuk mengurangi kebiasaan kita untuk mengkonsumsi makanan bergula.

Di tahap ini kitapun dianjurkan untuk meninggalkan semua makanan yang mengandung karbohidrat, kita hanya diperkenankan mengkonsumsi daging ayam, sayuran tinggi serat, ikan, produk susu dan keju rendah lemak, kacang-kacangan, alpukat dan beberapa jenis minyak yang tidak mengandung lemak jenuh seperti minyak zaitun.

Saat fase ini kita diperkenankan untuk makan sebanyak tiga kali sehari dan mengkonsumsi cemilan dua kali sehari. Tentunya makanan serta cemilan tersebut harus memenuhi persyaratan di atas yakni rendah karbohidrat, lemak dan juga gula.

2. Fase kedua

Tahap ini membutuhkan waktu lama sehingga sering juga dinamakan dengan fase jangka panjang, pada fase ini proses penurunan berat badan sudah masuk pada inti dan target kita harus tercapai pada tahapan ini.

Perbedaan antara tahap kedua dengan tahap pertama adalah pada jumlah karbohidrat yang diperkenankan, jika pada tahap satu karbohidrat ditekan sedemikian rupa bahkan bisa dikatakan dilarang, namun pada tahap kedua justru kita diharuskan untuk kembali mengkonsumsi makanan berkarbohidrat.

Karbohidrat yang diperbolehkan adalah sebesar 27 persen dari porsi makan kita, adapun sumber makanan berkarbo yang diperbolehkan meliputi roti gandum, beras merah dan sayuran bertepung seperti kacang polong dan kentang.

Selain itu kita juga sudah diperbolehkan mengkonsumi coklat hitam, tentunya masih dalam batasan tertentu saja.

3. Fase ketiga

Jika tahap pertama dan kedua telah benar-benar kita jalani maka kita telah terbiasa dengan pola makan seperti itu, dalam tahap ini diharapkan semua pelaku tetap mengikuti pola makan seperti apa yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jadi tahap pertama dan kedua sebenarnya bukan hanya membantu proses penurunan berat badan secara cepat, namun juga bertujuan untuk membentuk pola dan cara makan.

Adapun karbohidrat yang diizinkan pada tahap ini sebanyak 28 persen dari porsi makan. Jika berat badan mulai naik maka kita diharuskan untuk masuk pada tahap pertama.

Tentunya waktu yang dibutuhkan hanya beberapa hari saja karena pada dasarnya kita hanya berusaha memanage berat badan yang telah kita miliki selama ini.

tags: