Peraturan diet raw food

Peraturan diet raw foodDalam sebuah metode tentu memiliki berbagai macam aturan yang telah ditetapkan, aturan ini biasanya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus membantu kita mewujudkan apa yang dicita-citakan selama ini.

Demikian pula dalam raw food, ada sejumlah aturan berlaku yang harus diikuti oleh semua pengguna dan pengikutnya, hal ini ditujukan untuk mencegah terjadinya kekurangan gizi dan dapat menurunkan berat badan secepat mungkin.

Berikut adalah sejumlah peraturan diet raw food yang berlaku dan harus diikuti oleh semua pelaku program diet ini agar semua tujuan dapat tercapai sesingkat mungkin.

1. Jangan memasak makanan

Ini adalah aturan pertama yang wajib diikuti oleh pengguna, untuk alasan terkait dengan peraturan ini sebenarnya telah kita bahas dalam berbagai artikel sebelumnya.

Tidak memasaknya terlebih dahulu bertujuan untuk menjaga agar semua nutrisi dan vitamin dalam makanan dapat tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan akibat suhu yang terlalu panas.

Dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara mentah diharapkan agar semua kandungan penting di dalamnya dapat diserap dan digunakan untuk kepentingan tubuh.

2. Gunakan air sulingan

Aturan lainnya adalah kita harus menggunakan air yang telah melalui proses penyulingan. Hindari mengkonsumsi air yang langsung keluar dari keran karena dikhawatirkan terdapat berbagai macam bakteri dan penyakit di dalamnya.

Memang terdengar rumit dan sedikit berlebihan, namun bagi para pengikutnya ini adalah salah satu prinsip dasar dalam melakukan program ini. Tujuannya adalah selain dapat mengurangi berat badan kita juga dapat tetap sehat.

3. Konsumsi makanan organik

Jika zaman dulu, peraturan ini sangat mudah dilakukan. Dulu para petani kita tidak menggunakan bahan atau senyawa pada tanamannya. Penggunaan bahan kimia yang dilakukan oleh para petani bertujuan untuk menghilangkan hama.

Namun program ini melarang mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah yang prosesnya menggunakan peptisida dan obat penghilang hama lainya.

Alasannya jelas yaitu menghindari makanan yang di dalamnya masih tertinggal zat kimia berbahaya dari peptisida tersebut, saat ini sangat sulit menemukan makanan organik karena hampir semua petani menggunakan peptisida pada tanamannya.

4. Merendam kacang

Program ini menganjurkan para pengikutnya untuk memperbanyak makanan berserat seperti kacang dan biji-bijian. Namun sebelum dikonsumsi, kacang tersebut harus direndam terlebih dahulu.

Ini bertujuan agar kacang tersebut mudah dicerna dan diproses oleh sistem pencernaan kita. Untuk lamanya perendaman dibutuhkan sekitar 4 sampai 6 jam.

Keempat aturan tersebut merupakan prinsip yang harus diikuti saat menjalankan program diet ini, mau tidak mau kita harus menjalankannya agar terhindar dari segala hal buruk dan kegagalan.

Sangat sulit memang, namun bila terbiasa melakukannya maka hal tersebut dapat kita jalankan tanpa ada kesulitan berarti.

tags: