Peraturan diet mediterania

Peraturan diet mediteraniaSetiap metode atau teknik pasti memiliki aturan baku yang harus diikuti oleh para anggota atau pesertanya, sama halnya dengan diet mediterania yang memiliki sejumlah aturan mulai dari pola makan, gaya hidup serta olahraga.

Aturan ini diciptakan tidak lain untuk menunjang para peserta itu sendiri, agar semua hal yang diinginkan dapat segera terwujud dalam waktu singkat.

Berikut adalah beberapa peraturan diet mediterania seperti dikutip dari beberapa ahli dan website resmi metode ini.

1. Pokok dasar makanan

Mungkin pembaca sudah mengetahui aturan dasar yang menyangkut bahan makanan apa saja yang diboloehkan dalam program ini, namun bagi yang belum membaca artikel sebelumnya maka kami akan coba mengulasnya kembali.

Makanan dalam metode ini berdasarkan pada biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran serta buah-buahan. Jenis makanan ini bahkan ditemukan dalam metode lain seperti atkin, vegan dan lain sebagainya.

2. Lemak dan minyak

Metode ini melarang minyak jenuh dan minyak terhidrogenasi agar terhindar dari bahaya serangan jantung, penggunaan minyak yang diperbolehkan dalam teknik ini adalah minyak zaitun.

Minyak zaitun merupakan sumber lemak dalam mediterania, lemak yang terkandung dalam minyak tersebut merupakan lemak jenuh yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh.

3. Susu, daging dan telur

Terkait ketiga makanan tersebut, ada beberapa aturan yang harus diikuti. Aturan tersebut meliputi daging yang dikonsumsi bukan daging merah, artinya kita hanya diperkenankan untuk mengkonsumsi daging unggas seperti ayam, bebek dan lain-lainnya.

Sedangkan untuk telur yang menjadi sumber pokok protein dalam mediterania maka diperbolehkan untuk mengkonsumsinya. Namun lebih dianjurkan untuk menyingkirkan kuning telur karena ada sejumlah lemak yang tidak diperbolehkan.

Untuk produk susu sendiri mediterania memberikan batasan sangat ketat, salah satunya adalah hanya produk susu rendah lemak dan tanpa gula sajalah yang boleh diminum, lainnya harus dihindari.

4. Kacang-kacangan

Porsi yang diatur dalam mediterania adalah segenggam kacang-kacangan setiap harinya. Meskipun makanan ini pada umumnya mengandung lemak tinggi namun karena yang dikandungnya termasuk lemak tak jenuh maka diperbolehkan.

5. Buah anggur

Untuk minuman atau cemilan yang dianjurkan adalah buah naggur, buah ini bisa dimakan mentah-mentah atau dijadikan jus tanpa menggunakan gula.

Sedangkan berapa banyak yang harus diminum adalah satu gelas perhari, hal ini ditujukan untuk menjaga kesehatan jantung agar dapat tetap berfungsi dengan baik sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga.

6. Olahraga dan bersosialisasi

Olahraga ditujukan bukan hanya untuk menyehatkan badan dan menjaganya tetap bugar, namun juga berguna untuk meredakan stres. Sedangkan bersosialisasi adalah sifat dasar manusia.

Kita tentu sering mendengar slogan yang berbunyi manusia adalah mahluk sosial. Oleh sebab itu berhubungan dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar harus tetap terjalin agar kesehatan mental tetap terjaga.

tags: